Penulis : Aditya Pratama

SETELAH melaksanakan sholat witir sehabis sholat tarawih, tak jarang umat muslim berencana untuk melaksanakan sholat tahajud. Apakah boleh untuk dilakukan meski sudah sholat witir? Apakah harus kembali melakukan sholat witir untuk kedua kalinya?

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal menjelaskan yang jelas bagi yang sudah melaksanakan Sholat Tarawih lalu menutupnya dengan Sholat Witir tidak lagi melakukan Sholat Witir yang kedua setelah melakukan Sholat Tahajud di malam hari.

Dari Thalq bin ‘Ali, ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ وِتْرَانِ فِى لَيْلَةٍ

“Tidak boleh ada dua witir dalam satu malam.” (HR. Tirmidzi no. 470, Abu Daud no. 1439, An Nasa-i no. 1679. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Jadi boleh melaksanakan Sholat Tahajud walaupun sudah mengerjakan Sholat Tarawih dan ditutup dengan Sholat Witir. Namun di malam hari ketika melakukan Sholat Tahajud tidak lagi ditutup dengan Sholat Witir.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Sementara jumlah rakaat Sholat Tahajud yang dilakukan bebas, tidak dibatasi jumlah rakaatnya. Ketahuilah bahwa shoalat tahajud merupakan bagian dari shalat malam yang di mana sholat tahajud dikerjakan setelah bangun tidur. Demikian pendapat Imam Nawawi dalam Syarh Al-Muhaddzab. Oleh karenanya tidaklah bertentangan antara niat shalat malam dan shalat tahajud. Siapa yang mengerjakan shalat malam setelah bangun tidur, ia disebut sebagai orang yang bertahajud dan sholatnya dianggap pula sebagai sholat malam.

Advertisement