Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama

Dunia internet kini sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, maka dari itu ada banyak alternatif yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang hanya dengan rebahan. Salah satu cara mendapatkan uang dengan menjadi affiliate TikTok. Sudah tahu belum cara daftar TikTok Affiliate?

TikTok Affiliate merupakan sebuah program yang dikembangkan oleh TikTok sebagai sarana untuk mempromosikan produk atau brand milik perusahaan. Cara daftar akun TikTok Affiliate sebenarnya cukup mudah, hanya saja masih banyak orang yang belum paham kriteria serta tahapannya.

Orang yang nantinya bergabung mengikuti program TikTok Affiliate dinamakan dengan Affiliator. Para affiliator fokus membuat konten menarik yang berkaitan dengan produk, sehingga menarik banyak orang untuk klik link beli. Barulah keuntungan affiliator dari komisi penjualan akan segera didapatkan.

Syarat atau Ketentuan Daftar TikTok Affiliate

Cara Daftar TikTok Affiliate Tanpa Followers dan Seller, Mudah!

Tidak semua pengguna TikTok semula bisa mendaftar program affiliate karena ada syarat atau ketentuan yang harus dipenuhi. Dengan memenuhi ketentuan dari pihak TikTok, maka akan lebih memudahkan dalam proses verifikasi data dan pencairan komisi sesuai alur penjualannya sendiri.

1. Memiliki Akun TikTok Shop

Sebelum mendaftar program affiliate, kamu harus terlebih dahulu membuat akun TikTok Shop. Pasalnya cara kerja affiliate tidak bisa berjalan pada akun TikTok pribadi, sehingga pengguna harus merubah akun pribadi menjadi akun bisnis sebelum mendaftar program.

Cara membuat akun TikTok Shop sama dengan membuat akun untuk berjualan online, namun pengguna akun seller tidak diharuskan untuk menjual produk. Setidaknya kamu sudah mendapat izin untuk ikut bergabung mengikuti program TikTok Affiliate tersebut.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

2. Sudah Punya Rekening

Cara daftar TikTok Affiliate cukup singkat dan mudah, namun sebelumnya kamu harus memiliki rekening bank yang valid. Pencairan komisi yang akan diberikan oleh pemilik produk kepada affiliator akan disambungkan melalui nomor rekening pribadi.

Ketika komisi penjualan sudah memenuhi batas minimal pengambilan, kamu bisa langsung menariknya dari rekening pribadi tersebut. Pastikan sudah memiliki rekening pribadi sebelum mendaftar program TikTok Affiliate tersebut. Apalagi ketentuan lainnya?

3. Aktif Menggunakan Akun

Pihak TikTok biasanya akan memberikan kemudahan bagi pemilik akun yang selalu aktif untuk membuat konten, followersnya memadai, dan jumlah views-nya cukup banyak. Bagi pengguna TikTok dengan followers sedikit tidak perlu berkecil hati terlebih dahulu.

Intinya kamu harus menunjukkan bahwa akun TikTok layak mengikuti program affiliate, sehingga bisa mendatangkan traffic penjualan. Walaupun memang tidak diwajibkan, namun tetap optimalkan postingan, followers, tingkat engagement atau pengikut akun TikTok.

Cara Daftar TikTok Affiliate Aman dan Sesuai Prosedur

Program TikTok Affiliate cukup diminati oleh kalangan pelajar, ibu rumah tangga, bahkan job seeker yang ingin mendapatkan penghasilan. Walaupun memang program TikTok Affiliate tidak langsung menjanjikan keuntungan bagi pelakunya, namun setidaknya masih ada harapan mendapat komisi.

1.  Membuat Akun TikTok Shop

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk bisa bergabung dalam program affiliate dengan membuat akun TikTok Shop terlebih dahulu. Bagi kamu yang belum paham cara membuat akun TikTok Shop, bisa ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  • Masuk laman pembuatan akun https://seller-id.tiktok.com/account/welcome dan pilih opsi “Sign up with TikTok Account”.
  • Masuk halaman login, kemudian tentukan salah satu mode yang diinginkan seperti penggunaan username, password, akun Google, nomor HP, dan lainnya.
  • Setelah memasuki halaman beranda, kamu akan diminta untuk menyetujui beberapa hal penting, tekan opsi “Authorized”.
  • Tambahkan nomor telepon dan alamat email untuk segera melakukan verifikasi, lalu klik “Next” untuk memasukkan informasi bisnis.
  • Masukkan informasi penting tentang jenis bisnis, alamat toko nama toko, alamat gudang penyimpanan, nama kontak, nomor HP, dan supplier.
  • Centang keterangan terakhir pada laman informasi, kemudian lakukan verifikasi dengan menggunakan foto selfie memegang KTP.
  • Masukkan semua data terkait yang dibutuhkan, klik “Simpan” dan tunggu email balasan dari pihak TikTok paling lambat 2 x 24 jam.

Biasanya pengguna yang ingin membuat akun TikTok Shop akan terkendala saat melakukan verifikasi menggunakan foto selfie KTP. Pastikan KTP bisa terbaca dan terlihat jelas, sehingga proses verifikasi pembuatan akun TikTok Shop bisa berjalan dengan cepat dan tidak berulang.

Jika pendaftaran TikTok Shop belum berhasil dilakukan, kamu bisa mengulang kembali tahapan awal untuk verifikasi data. Makin banyaknya akun yang mendaftar TikTok Shop, memang terkadang membuat sistem mudah error dan tidak berjalan seperti biasanya.

2.  Mendaftar TikTok Affiliate Kreator

Jika sudah berhasil membuat akun TikTok Shop, cara daftar TikTok Affiliate tergantung posisi yang ingin diambil. Bagi kamu yang ingin mengikuti program affiliate sebagai kreator, tentunya ada banyak keuntungan yang akan didapatkan dari pemilik brand atau produk.

  • Masuk laman https://seller-id.tiktok.com/account/welcome/ melalui browser internet yang biasa digunakan pada perangkat.
  • Login masuk akun TikTok yang sudah terdaftar sebelumnya, kemudian setujui beberapa ketentuan yang ditawarkan oleh TikTok Shop.
  • Pilih opsi “Authorized” dan lengkapi data diri yang dibutuhkan meliputi alamat email, alamat rumah, nomor HP, dan lain sebagainya.
  • Verifikasi menggunakan foto selfie KTP, lalu tekan tombol “Simpan” dan tunggu email dari TikTok sebagai bukti registrasi.
  • Setelah mendapatkan bukti registrasi, klik menu “Pengaturan dan Privasi” dan pilih “TikTok Shop”.
  • Tambahkan produk yang akan digunakan sebagai produk afiliasi, berikutnya jangan lupa pahami komisi yang akan didapatkan saat sudah mempromosikan produk.

Kreator biasanya akan lebih mudah untuk menemukan produk yang akan dijual. Kamu bisa mempromosikan produk lewat live streaming dan video. Semakin banyak orang tertarik membeli produk yang dipromosikan, maka komisi penjualan tentunya akan lebih banyak.

3. Mendaftar TikTok Affiliate Seller

Mudah bukan cara daftar TikTok Shop dan TikTok Affiliate Kreator? Bagi pengguna yang berminat mengikuti program affiliate sebagai seller, perlu melakukan pola pendaftaran beda. Sebagai seller TikTok yang ikuti program affiliate, verifikasi data lebih dulu sebagai berikut.

  • Masuk laman seller https://seller-id.tiktok.com dan login ke akun TikTok masing-masing untuk masuk laman berandanya.
  • Masuk website “TikTok Shop Affiliate”, kemudian pilih “Program”>”Program Toko”. Tentukan jenis komisi yang akan diberikan kepada kreator setelah melakukan promosi.
  • Tentukan terlebih dahulu persentase komisi yang akan diberikan, lalu tekan tombol “Kirim” sebagai validasi bahwa tokomu akan mengikuti program afiliasi.
  • Proses pendaftaran selesai dilakukan, kamu tinggal tunggu ada kreator yang mendaftar untuk mempromosikan produk.

Bagi seller yang sewaktu-waktu ingin menghentikan program afiliasi, maka tinggal klik menu “Hentikan Program”. Secara otomatis toko dan produk tidak akan tercantum dalam daftar afiliasi, sehingga tidak ada kreator yang akan menemukan produk terkait.

Tentunya seller memang akan mendapatkan kemudahan dalam usaha meningkatkan traffic jualan, sehingga tinggal pantau seberapa baik kreator dalam promosi produk. Jika banyak yang tertarik checkout barang, jangan lupa bayarkan komisi sesuai kinerja para kreator tersebut.

Bagi kamu yang sudah berhasil mendaftar TikTok Affiliate, optimalkan pembuatan konten untuk menambah peluang penghasilan sebanyak-banyaknya. Temukan produk yang relevan dengan pengikut, buat konten semenarik mungkin, dan jangan lupa gunakan tautan afiliasi akun sendiri.

Affiliator perlu aktif dalam berinteraksi dengan pengikut melalui pesan, kolom komentar, ataupun tanggapan apapun atas pertanyaan yang diberikan. Cara daftar TikTok Affiliate memang cukup sederhana, hanya saja kamu perlu konsisten dan bersabar saat belum mendapatkan komisi jualan.

Advertisement