Penulis : Aditya Pratama
Hukum Puasa Tapi Tidak Sholat, Apakah Dah?

PUASA adalah ibadah wajib yang dilaksanakan umat muslim di bulan Ramadhan. Ibadah itu menuntut seseorang untuk tidak makan, minum dan menahan hawa nafus dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Segenap muslim di seluruh dunia menyambut datangnya bulan suci Ramadan dengan penuh suka cita. Bahkan, puasa menjadi salah satu ibadah yang dinantikan banyak orang.

Selain puasa, umat muslim juga dituntut untuk menjalankan sholat. Sholat terbagi dua, yaitu fardhu dan shunnah. Sholat fardhu atau wajib ada lima yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya. Sedangkan sholat sunnah seperti sholat rawatib, sholat tahajub, sholat tarawih, dan sholat-sholat lainnya.

Sholat merupakan ibadah wajib yang berada di urutan kedua rukun Islam. Sholat menjadi ibadah wajib karena dianggap sebagai tiang agama yang tidak boleh ditinggalkan. Lantas, bagaimana jika orang yang berpuasa tapi meninggalkan atau sama sekali tidak mengerjakan sholat? Apakah puasanya diterima?

Ulama ahli tafsir Alquran Indonesia, Quraish Shihab, mengatakan, puasanya orang yang meninggalkan sholat tetap sah. Namun, orang tersebut juga melakukan dosa besar karena meninggalkan sholat.

“Orang yang puasa tapi tidak mengerjakan sholat berdosa. Nanti di hari akhir, Allah akan menuntut setiap orang menyangkut semua kewajiban. Boleh jadi puasamu bagus, tapi tidak sholat. Di situlah peran timbangan sangat penting,” kata Quraish Shihab dalam video talkshow bersama Najwa Shihab, Shihab dan Shihab.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Advertisement