Penulis : Aditya Pratama

BERAPA hari lagi Bulan Ramadhan 2023? Diketahui bahwa untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan secara pasti harus dilakukan pemantauan hilal. Meski begitu, kaum Muslimin bisa memperkirakan kapan datangnya bulan Ramadhan dengan melihat ketentuan dari kalender yang ditetapkan pemerintah.

Berdasarkan kalender Islam 1444H, bulan Ramadhan tahun ini diprediksi jatuh pada tanggal 23 Maret 2023M. Sementara Idul Fitri 1 Syawal 1444H jatuh pada Jumat 21 April 2023M. Hal itu sebagaimana hasil hisab hakiki wujudul hilal dari PP Muhammadiyah.

Jadi terhitung hari ini, sekira 7 hari lagi umat Islam akan bertemu dengan bulan Ramadhan 1444H.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penetapan awal Ramadhan maupun Idul Fitri akan dilakukan pemerintah melalui sidang isbat. Namun hingga saat ini belum diketahui kapan Kementerian Agama akan menggelar sidang tersebut.

Bulan Ramadhan 2023 tinggal beberapa hari lagi, kaum Muslimin pun sudah bisa mulai mempersiapkan diri menyambut bulan mulia ini. Persiapan dilakukan supaya dapat memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik mungkin dan meraih keberkahan setinggi-tingginya.

Itulah penjelasan mengenai perkiraan awal bulan puasa tahun ini berdasarkan metode hilal yang dilakukan Muhammadiyah, NU, dan pemerintah dalam menentukan tanggal 1 Ramadhan 2023M.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

PP Muhammadiyyah menetapkan awal bulan Ramadhan melalui hasil hisab yang dilakukan yakni jatuh pada tanggal 23 Maret 2023. Sedangkan untuk bulan Syawal yakni jatuh pada tanggal 21 April 2023.

Adapun jadwal puasa ramadhan 2023 menurut Muhammadiyyaha adalah sebagai berikut :

Hari Kamis 23 Maret 2023 adalah Puasa Ramadhan 2023

Hari Jum’at 21 April 2023 adalah 1 Syawal atau Idul Fitri 2023

Untuk Nahdlatul Ulama (NU) menetapkan jadwal puasa ramadhan 2023 yakni dengan melakukan pemantauan hilal terlebih dahulu.

Kemudian dari hasil dari pemantauan hilal tersebut dilanjutkan dengan sidang isbat yang melibatkan Kementerian Agama dan perwakilan dari organisasi Islam.

Dalam sidang tersebut akan ditentukan kapan dan tanggal tepatnya untuk jadwal puasa Ramadhan 2023. Allahu a’lam bisshawab.

itulah pembahasan kita mengenai berapa hari lagi bulan ramadhan puasa pertama 2023 ini semoga informasi nya bermanfaat dan kunjungi terus Mapbussidterbaru.com untuk informasi seputar ramadhan 2023.

Advertisement