Penulis : RescuedYT
Baca Doa Ini Untuk Menyambut Bulan Ramadhan 2023 dan Saat Melihat Hilal
Doa Untuk Menyambut Bulan Ramadhan 2023 dan Saat Melihat Hilal

DOA menyambut Ramadhan 2023 dan saat melihat Hilal akan dibahas dalam artikel ini. Penentuan awal bulan pada kalender hijriah ditentukan dengan rukyatul hilal di banyak titik.

Ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu saat menjelang bulan Ramadhan. Di Indonesia, hasil pantauan hilal dilaporkan ke Kementerian Agama RI untuk diolah dalam sidang itsbat.

Pelaksanaan rukyatul hilal setiap negara berbeda-beda. Ini berdasarkan waktu tenggelamnya matahari di setiap negara.

Dalam menanti pantauan hilal, ada doa yang bisa diamalkan bersamaan dengan doa menyambut Ramadhan. Adapun kedua doa itu sebagai berikut.

Adapun doa menyambut Ramadhan yang dikumpulkan oleh Imam Ath-Thabrani:

عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه, قال: كان رسول الله صلي الله عليه وسلم يعلمنا هؤلاء الكلمات إذا جاء رمضان أن يقول أحدنا: أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Artinya: “Dari ‘Ubadah bin al-Shamith radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajari kami bacaan berikut ini untuk dibaca oleh salah satu dari kami saat Ramadhan datang:

‘Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan’ (Ya Allah, sampaikan aku [dengan selamat menuju bulan] Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah [amal-amal]ku [di bulan] Ramadhan.” (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad Ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, Kairo: Dar al-Hadits, 2007, hlm. 311)

Adapun doa yang dibaca ketika melihat hilal:

هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ، هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْر، آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ

Hilālu khairin wa rusydin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka.

“Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (wahai bulan).”Itulah doa menyambut Ramadhan 2023 dan saat melihat Hilal. Wallahu a’lam bisshawab.

Advertisement