Penulis : Aditya Pratama
Apakah Wajib Hukumnya Ikut Ceramah Sholat Tarawih?
Apakah Wajib Hukumnya Ikut Ceramah Sholat Tarawih?

Ada beberapa rangkaian ibadah malam yang kerap dilaksanakan di bulan Ramadhan. Salah satunya sholat tarawih. Tak jarang di sela-sela sholat Isya dan sholat tarawih, beberapa masjid mengadakan ceramah agama. Bahkan di beberapa daerah, tak afdhol rasanya menjalankan ibadah tarawih di masjid tanpa mendengarkan tausyiah.

Lalu, apakah wajib hukumnya melakukan ceramah menjelang sholat tarawih? Sebagian ulama ada yang melarangnya, sebagian lagi ada yang membolehkannya sehingga waktu untuk sholat Tarawih sendiri tidak sebanding dengan waktu tausiah. Belum lagi keyakinan sebagian orang bahwa hal ini wajib. Maka bagaimana hal itu ditinjau dari hukum syar’i?

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin pun pernah ditanyakan tentang hal ini. Dia pun menjelaskan tidak terlarang jika setelah salam lalu imam berdiri untuk shalat berikutnya, kemudian ia melihat shaf agak kurang lurus, atau ma’mum terpisah-pisah hingga terdapat rongga, maka hendaknya imam memberi nasihat: “Luruskan dan rapatkan!”.

Hal ini tidak terlarang. Sedangkan nasihat yang berbentuk ceramah, sebaiknya tidak dilakukan. Jika ada sesuatu yang perlu disampaikan atau suatu keperluan, sebaiknya setelah tarawih selesai. Jika melaksanakan ceramah tarawih tersebut dimaksudkan sebagai ibadah, maka ini bid’ah. Dan salah satu pertanda, ceramah tersebut dimaksudkan sebagai ibadah adalah dengan melaksanakannya secara rutin setiap malam.

Namun aku ingin bertanya: Saudaraku, mengapa engkau mengadakan ceramah di sela tarawih? Bukankah sebagian orang memiliki kesibukan sehingga ia ingin segera menyelesaikan shalat tarawih karena mengaharapkan pahala yang dikabarkan oleh Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam:

من قام مع الإمام حتى ينصرف كتب له قيام ليلة

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

“Orang yang shalat tarawih bersama imam sampai selesai, ditulis baginya pahala shalat semalam suntuk.”

Advertisement