Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama

Artikel kali ini akan membahas tentang tutorial hijab segi empat saudia, baik itu style menutup dada maupun gaya simple lainnya. Bagi Anda penggemar kerudung saudia, mungkin ini bisa jadi referensi tambahan dalam berhijab.

Sebagai pengguna hijab, perempuan terkadang merasa kebingungan menggunakan model yang seperti apa. Belum lagi jika rasa bosan mulai melanda. Anda mungkin salah satu dari banyaknya perempuan yang juga merasakan hal yang sama saat ingin mencoba inovasi baru dalam memakai kerudung saudia.

Saudia merupakan jenis kerudung segi empat yang paling banyak digunakan karena harganya terjangkau. Selain itu, hijab ini juga bisa ditemukan dengan mudah baik secara online maupun offline. Langsung saja, simak tutorial memakai kerudung segi empat saudia di bawah ini!

5 Tutorial Hijab Segi Empat Saudia

Sebelum mengikuti tutorialnya, perlu diketahui terlebih dahulu kalau jenis kerudung saudia ini memang cenderung sedikit kaku jika dibandingkan dengan brand lainnya. Tentunya, style hijabnya juga akan sangat terbatas karena tidak mudah dibentuk.

Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada gaya yang bisa Anda coba ikuti. Ada beberapa model yang bisa Anda tiru sesuai dengan preferensi. Berikut tutorial memakai hijab saudia:

1. Style 1

Pada tutorial hijab simple yang pertama ini, Anda hanya perlu menyiapkan kerudung saudia yang hendak dipakai dan jarum pentul. Karena gaya ini bersifat sederhana, banyak remaja menggunakan style ini untuk pergi ke sekolah dan bermain dengan teman.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Gaya hijab simple ini mengacu pada gaya berhijab yang sederhana, mudah dikenakan, dan tidak memerlukan banyak aksesori atau teknik rumit. Oleh karena itu, gaya ini cenderung lebih praktis dan cocok untuk situasi santai. Meskipun simpel, gaya hijab ini tetap dapat terlihat elegan dan modis.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Lipat kerudung saudia menjadi segitiga.
  • Kenakan hingga menutup kepala, atur sesuai bentuk wajah masing-masing.
  • Berikutnya, pasang jarum pentul atau peniti (sesuai referensi Anda).
  • Setelah memastikan rapi, lipat kedua sisi ke bagian belakang.

Kalau sudah mengikuti langkah-langkah di atas, cobalah untuk melihat ke arah cermin. Sesuaikan lagi apabila ada bagian yang dirasa kurang rapi. Style ini mungkin terkesan biasa saja, namun cukup nyaman untuk dipakai sehari-hari.

2. Style 2

Gaya berikutnya dari tutorial hijab segi empat saudia adalah style hijab menutup dada. Gaya menutup dada ini sangat disarankan bagi Anda yang memang merasa nyaman menggunakan pakaian tertutup. Tentunya akan cocok bagi Anda yang ingin tampil syari.

Gaya hijab menutup dada ini merujuk pada cara mengenakan hijab atau kerudung dalam mode yang menutupi bagian dada secara penuh. Gaya ini umumnya dipilih oleh wanita Muslim yang ingin menutupi seluruh dada dan leher sebagai bagian dari pakaian yang modest dan sopan.

Sebelum itu, pastikan terlebih dahulu sudah menyiapkan kerudung saudia, ciput, serta jarum atau peniti sebanyak dua pcs. Lalu, ikuti cara ini:

  • Kenakan ciput terlebih dahulu, pastikan kenyamanannya.
  • Lipat kerudung segi empat saudia menjadi segitiga dengan satu sisi lebih panjang.
  • Pakaikan untuk menutupi kepala, lalu pasang peniti di bawah leher.
  • Bagian kanan dan kiri kerudung yang panjang juga dipakaikan peniti berbentuk menyilang.

Jika sudah mengikuti cara-caranya, Anda bisa sesuaikan saja hingga rapi. Namun, pastikan posisi penitinya tidak terlalu terlihat sehingga mengganggu pemandangan. Kalau ingin lebih baik, cobalah memakai bros sebagai penggantinya.

3. Style 3

Tutorial ketiga memakai saudia rawis dengan ciput sebagai opsi tambahannya. Jika Anda tipe orang yang tidak suka memakai ciput, maka boleh saja mengikuti style ini tanpa adanya penutup rambut tersebut. Gaya kali ini sama sederhananya dengan style sebelumnya. Mari ikuti tutorialnya berikut:

  • Pasang ciput di kepala (opsional).
  • Lipat segi empat saudia menjadi bentuk segitiga.
  • Pasangkan kerudung dengan rapi sesuai lengkung wajah.
  • Gunakan peniti atau jarum pentul di bawah leher.
  • Ambil sisi kiri kerudung dan putar ke belakang leher.
  • Terakhir, arahkan sisi kanan ke kiri dengan posisi sedikit menutup dada.
  • Tambahkan peniti atau bros agar tidak bergeser.

Gaya ketiga ini sangat cocok bagi Anda yang ingin tampil kasual tanpa harus repot-repot mengatur gaya sedemikian rupa. Style ini juga bisa diterapkan pada anak remaja yang ingin pergi bermain dengan teman-temannya.

4. Style 4

Tutorial hijab segi empat saudia berikutnya adalah gaya ala kekinian. Tutorial hijab segi empat kekinian ini mungkin akan banyak digemari oleh para perempuan berhijab. Selain sederhana, style ini juga terlihat modis di saat yang bersamaan.

Gaya hijab kekinian ini memang berdasarkan pada tren dan mode hijab yang sedang populer atau terkini pada masa sekarang. Sekaligus mencerminkan perkembangan dan adaptasi mode yang terus berubah sesuai dengan perkembangan zaman dan tren fashion.

Mari ikuti langkah-langkah berikut jika ingin mencoba gaya hijab kekinian tersebut:

  • Gunakan ciput ninja atau biasa (wajib).
  • Lipat kerudung saudia menjadi segitiga.
  • Pasang kerudung dengan kedua sisi sama panjang.
  • Arahkan sisi kiri saudia ke samping, lalu beri peniti pada ciput di dekat telinga.
  • Biarkan sisi kanan tampil apa adanya.

Sebagai catatan tambahan, Anda selalu bisa mengkreasikan gaya sesuai dengan selera. Sebagian besar perempuan terkadang memiliki tingkat kepercayaan diri dengan menampilkan salah satu sisi wajahnya, maka cukup sesuaikan saja lipatannya dengan sisi yang ingin ditonjolkan.

Selain itu, style keempat ini memang sangat disarankan untuk memakai ciput agar lebih rapi dalam proses pemasangannya. Jika tidak, mungkin hasil yang didapatkan tidak akan maksimal. Tentunya pilihan ini sepenuhnya ada di tangan Anda.

5. Style 5

Rekomendasi style kelima yang bisa Anda coba adalah salah satu cara berhijab paling simpel karena tidak membutuhkan banyak aksesori tambahan. Anda hanya perlu menyiapkan kerudung saudia, peniti atau jarum, dan ciput (opsional). Langkah memasangnya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan ciput dengan rapi dan pastikan tidak ada rambut yang keluar.
  • Pasang kerudung saudia setelah dibentuk menjadi segitiga.
  • Rapikan sesuai bentuk wajah dan selera Anda.
  • Pasangkan peniti atau jarum pentul agar posisi kerudung tidak bergeser.
  • Lalu, lipat kedua sisi kerudung ke arah belakang dengan rapi.

Opsi lain yang bisa Anda lakukan adalah mengikat kedua sisi tersebut ke belakang. Tapi, sebelum memasangnya sangat disarankan untuk menyetrika kerudung terlebih dahulu agar tidak berantakan. Selain karena bahannya yang tidak licin dan sulit dibentuk, menyetrika juga membantu lipatan agar terkesan rapi.

Demikian tutorial hijab segi empat saudia yang bisa direkomendasikan dalam artikel ini. Jika Anda tertarik mencoba salah satunya, langsung saja praktikkan sendiri di rumah masing-masing. Jangan lupa sesuaikan gayanya dengan selera Anda sendiri.

Jika menyukai tutorial hijab segi empat simple, syari, dan kekinian ini, silakan bagikan juga kepada teman-teman Anda yang lain. Tentunya akan ada banyak sekali tutorial hijab lainnya yang bisa Anda temukan nantinya jika terus mengikuti tren fashion ini!

Advertisement