Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama

Keutamaan Sholat Ashar

Sama halnya dengan shalat wajib lainnya, melaksanakan shalat Ashar memiliki keutamaan yang luar biasa. Diantaranya adalah:

1. Mendapatkan Pahala

Melaksanakan shalat fardhu memiliki keutamaan yang lebih besar jika dibandingkan dengan ibadah lainnya. Tentunya pahala yang akan didapatkan juga lebih maksimal, sesuai dengan firman Allah SWT di dalam Surat Al-Ankabut ayat 45.

Di dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah SWT menurunkan wahyu kepada Rasulullah SAW untuk shalat. Shalat merupakan ibadah untuk mencegah manusia melakukan perbuatan yang dibenci Allah, shalat merupakan cara mengingat Allah dengan keutamaan yang lebih besar.

2. Terhindar dari Api Neraka

Melaksanakan ibadah wajib merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, setelah dekat maka pastinya manusia akan melakukan semua perintahNya. Alhasil, kemungkinan untuk masuk neraka menjadi lebih kecil.

Alasan utamanya karena semua kegiatan dan perbuatan yang dilakukan manusia bermuara pada perintah Allah dan menjauhi nya.

3. Merupakan Bagian Shalat Wustha

Shalat Ashar merupakan salah satu shalat wustha, dimana Allah SWT selalu meminta manusia untuk menjaga dan benar-benar melaksanakannya dengan khusyuk. Tidak salah jika diwajibkan  melaksanakan shalat ashar sesuai rukunnya.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Seperti dijelaskan di dalam Surat Al-Baqarah ayat 238, yang menjabarkan bahwa Allah memerintahkan untuk menjaga shalat fardhu dan shalat wustha. Lakukan shalat tersebut dengan cara yang khusyuk.

4. Mendapat Banyak Kemuliaan

Banyak kemuliaan yang didapatkan ketika melaksanakan shalat lima waktu termasuk shalat Ashar. Diantaranya adalah badan menjadi lebih sehat, wajah lebih berseri dan memancarkan kepribadian orang yang saleh, pastinya dicintai oleh Allah SWT.

5. Merupakan Bagian Wasiat Rasulullah SAW

Di dalam sebuah hadits shahih riwayat Bukhari dijelaskan bahwa, Rasulullah SAW pernah berwasiat saat duduk bersama para sahabat. Jarir bin Abdullah mengatakan jangan keberatan untuk melaksanakan shalat sebelum matahari terbit yaitu shalat Subuh dan sebelum matahari terbenam yaitu shalat Ashar.

Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk bertasbih dan dzikir pada dua waktu shalat fardhu tersebut.

Tentunya dengan melakukan apa yang diwasiatkan oleh Rasulullah SAW, akan memberikan tambahan pahala bagi umat muslim yang menjalankannya.

6. Membedakan Muslim dengan Munafik

Ketika umat Islam menjalankan shalat fardhu tepat waktu, maka hal itu merupakan pembeda antara muslim dan munafik.

Seperti dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Muslim, tentang bagaimana orang munafik melaksanakan shalat Ashar. Yaitu menjelang matahari terbenam dalam waktu singkat dan hanya berdzikir singkat, atau malah tidak melakukan dzikir sama sekali.

Advertisement