Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama

Syarat Sah Melaksanakan Sholat Ashar

Syarat Sah Melaksanakan Shalat Ashar

Untuk bisa sah melaksanakan shalat Ashar begitu juga shalat wajib dan sunnah lainnya, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Jika salah satunya tidak terpenuhi, maka artinya shalat yang dilakukan tersebut tidak akan sah.

1. Suci dari Hadas

Syarat yang pertama adalah memastikan diri suci dari berbagai jenis hadas, baik itu hadas kecil yang bisa dibersihkan dengan air mengalir maupun berbagai jenis hadas besar. Tentunya wajib dibersihkan sesuai dengan jenis hadas besar tersebut.

Misalnya untuk hadas besar yaitu haid atau nifas pada wanita, disucikan dengan melaksanakan mandi wajib. Atau hadas besar berupa terkena ludah anjing yang perlu dibersihkan terlebih dahulu dengan pasir dan air, hingga benar-benar suci kembali.

2. Suci Badan hingga Lokasi Shalat

Bukan saja badan yang suci dari hadas tapi juga harus bersih, oleh karena itu disarankan untuk mandi dan bersuci sebelum shalat salah satunya dengan memastikan berwudhu. Kemudian suci pula pakaian yang digunakan saat melaksanakan shalat.

Untuk para pekerja di lapangan yang bajunya sangat kotor, tentu harus menggantinya terlebih dahulu dengan baju bersih. Begitu juga dengan lokasi shalat, jika memang tidak dapat dilakukan di masjid atau mushalla setidaknya Anda harus memastikan lokasi shalat tersebut sudah suci dari najis.

3. Aurat Tertutup

Memastikan semua aurat tertutup sebelum menjalankan shalat, untuk itulah wanita menggunakan mukena saat melaksanakan shalat. Bagian yang boleh terbuka hanya wajah dan telapak tangan saja, sedangkan bagian lain tertutup.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Kemudian untuk pria memakai kain sarung dan baju yang bersih menutup aurat mereka, yaitu menutupi bagian pusar sampai dengan lutut. Namun memang lebih disarankan untuk memakai baju tertutup dan kain sarung yang bersih.

4. Sudah Waktunya Shalat

Melaksanakan shalat harus sesuai dengan jadwal masing-masing shalat tersebut. Untuk shalat Ashar tentu dilaksanakan setelah adzan shalat Ashar selesai, jangan lupa membaca niat sholat Ashar sebelum lanjut pada tata cara shalat sampai selesai.

5. Pastikan Menghadap Kiblat

Jangan lupa untuk memastikan shalat menghadap kiblat, karena jika tidak maka shalat tidak akan sah.

Apakah Anda sudah paham tentang bacaan niat sholat Ashar dan berbagai hal seputar salah satu shalat fardhu tersebut? Jika sudah, jangan lupa untuk menerapkannya semaksimal mungkin supaya bisa mendapatkan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Advertisement