Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama
|
Reporter : Aditya Pratama
3 Cara Mengembalikan WhatsApp yang Terhapus di Android

BOGOR, MAPBUSSIDTERBARU.COM – Apakah kamu pernah merasa jantung berdebar-debar saat menyadari bahwa aplikasi WhatsApp kamu telah terhapus dari Android? Jangan khawatir, ada cara mengembalikan WhatsApp yang terhapus di Android. Di era digital ini, kehilangan data bukan lagi bencana yang tak terelakkan.

Penyelamatan data bukanlah hal yang sulit jika kamu mengetahui caranya. Dengan panduan yang tepat dan langkah-langkah yang akurat, kamu bisa merasakan lega karena telah berhasil mengembalikan aplikasi yang sangat penting tersebut.

Membayangkan semua percakapan penting, foto, video, dan dokumen penting yang hilang begitu saja tentu sangat mengejutkan. Namun, bersama kita akan menemukan solusi untuk mengatasi masalah ini. Mari kita mulai perjalanan ini dengan penuh harapan.

3 Cara Mengembalikan WhatsApp yang Terhapus di Android

1. Install Ulang

Terdapat banyak situasi di mana kita dapat mengalami penghapusan data pada WhatsApp. Entah itu akibat kehilangan ponsel, penghapusan tidak sengaja, atau bahkan ponsel yang rusak.

Apapun alasannya, penting untuk memahami bagaimana cara mengembalikan WhatsApp yang terhapus di Android. Salah satu metodenya adalah dengan melakukan instal ulang.

  • Pertama, unduh dan instal kembali aplikasi WhatsApp dari Google Play Store.
  • Setelah instalasi selesai, buka aplikasi dan ikuti petunjuk untuk mengatur akun kembali.
  • Masukkan nomor telepon yang digunakan sebelumnya pada WhatsApp.
  • Setelah verifikasi berhasil, aplikasi akan memberi tahu jika ada cadangan pesan yang bisa dipulihkan.

Kunci dari metode ini adalah kamu perlu memastikan bahwa fitur pencadangan otomatis telah diaktifkan pada WhatsApp sebelum data terhapus.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Jika tidak, kamu mungkin tidak dapat mengembalikan pesan  menggunakan metode ini. Sekalipun cara ini terlihat sederhana, efektivitasnya bergantung pada berbagai faktor, termasuk frekuensi pencadangan.

2. Melakukan Restore Data

Cara lain untuk mengembalikan WhatsApp yang terhapus di Android adalah dengan melakukan restore data. Metode ini memanfaatkan file cadangan yang telah dibuat sebelumnya oleh aplikasi.

  • Pastikan kamu memiliki file cadangan WhatsApp yang terbaru di perangkat.
  • Kemudian, uninstall dan reinstall WhatsApp.
  • Selama proses pengaturan, WhatsApp akan menanyakan apakah kamu ingin memulihkan riwayat chat dari cadangan.
  • Pilih ‘Pulihkan’ dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Fitur ini sangat berguna jika kamu rutin membuat cadangan data. Namun, jika cadangan terakhir  dibuat cukup lama, kamu mungkin kehilangan beberapa data yang belum disimpan dalam cadangan tersebut. Oleh karena itu, selalu disarankan untuk rutin melakukan pencadangan data .

3. Recovery dengan Bantuan Pihak Ketiga

Jika kedua metode di atas tidak berhasil, cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan bantuan software pihak ketiga seperti Dr. Fone. Beberapa software ini dirancang khusus untuk memulihkan data yang hilang atau terhapus, termasuk pesan WhatsApp.

  • Download dan install software pemulihan data di komputer.
  • Hubungkan ponsel kamu ke komputer dan ikuti instruksi yang diberikan oleh software.
  • Setelah proses scan selesai, pilih file WhatsApp yang ingin dipulihkan.

Perlu diingat, metode ini mungkin memerlukan pengetahuan teknis yang lebih. Selain itu, hasilnya mungkin bervariasi tergantung pada kondisi data yang terhapus. Tetapi dengan sedikit usaha, kamu mungkin bisa mendapatkan pesanmu kembali.

Advertisement