Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama
Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Modal Gratis di Tahun 2024

Apakah blog bisa menghasilkan uang? Tahukah kamu kalau saat ini kamu bisa menghasilkan uang dengan menjadi penulis blog atau bloggerYap, artikel ini akan membahas cara menghasilkan uang dari blog yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya.

Di zaman sekarang ini, internet yang sudah mendominasi sebagian besar kegiatan manusia sudah bisa menjadi ladang mencari uang, hanya dengan bermodalkan kemampuan saja. Termasuk juga cara menghasilkan uang dari blog tanpa modal gratis, yang bisa kamu coba karena cara ini terbilang cukup mudah.

Sama halnya dengan diaryblog biasa digunakan sebagai tempat cerita atau curhat. Namun, saat ini blog sudah bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang dengan menulis artikel online. Tak hanya dalam bentuk tulisan, kamu juga bisa mengunggah konten lain ke dalam blog seperti gambar atau foto, video, kumpulan foto esai, dan konten lainnya.

Tren marketing di internet saat ini sudah jauh meningkat. Banyak orang memanfaatkan internet untuk keperluan marketing agar bisa menjangkau pasaran yang lebih luas tanpa harus beranjak dari tempat mereka. Penggunaan blog ini juga tak terlepas dari peranan tersebut. Banyak perusahaan yang sudah melibatkan para blogger untuk memasarkan produk-produk mereka di internet.

Jika kamu ingin mencoba menjadi blogger, berikut simak cara menghasilkan uang dari blog gratis yang bisa kamu coba.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Modal Gratis

Tentukan kategori konten dan nama blog

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat blog dan menentukan kategori konten seperti apa yang ingin kamu tampilkan dalam blog kamu. Selain itu, buat nama blog yang relevan dengan kategori konten agar lebih mudah ditemukan oleh orang-orang di mesin pencari Google. Misalnya kamu ingin membuat konten khusus kuliner, maka keyword yang biasa dicari adalah “makanan/kuliner” sehingga kamu bisa menamai blog kamu “kulinersehat.com” atau “makanasik.com”.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Jika kamu sudah menentukan jenis konten apa yang ingin kamu buat, kamu akan lebih mudah menentukan audience-mu, sehingga kamu juga bisa dengan mudah menentukan jenis kata yang kamu gunakan pada blog-mu. Usahakan untuk tetap pada topik konten-mu, agar Google tidak kesulitan mendeteksi blog yang kamu buat.

Untuk menarik audience yang tinggi, kamu juga bisa mempromosikan blog kamu di sosial media atau pun kepada teman dan kerabat terdekat.

Terapkan SEO agar trafik naik

Hal selanjutnya dalam menulis konten yang akan kamu unggah di blog adalah dengan memperhatikan SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, merupakan suatu teknik yang digunakan agar blog atau konten yang kamu buat bisa muncul di halaman utama pencarian Google. Dengan begitu, konten yang kamu buat akan lebih banyak menarik pembaca yang otomatis akan menaikkan trafik konten.

Dalam menerapkan SEO pada konten, hal-hal yang perlu diperhatikan yakni kualitas konten yang menarik dan nyaman dibaca oleh pembaca. Biasanya orang-orang akan malas membaca artikel jika isinya terlalu panjang dan bertele-tele.

Mereka akan kesulitan menemukan poin yang mereka cari, sehingga minat mereka pada blog-mu akan turun. Saat membuat konten berupa artikel, usahakan menulis judul yang menarik dan membuat kata kunci utama. Selain itu, pakai sub judul agar pembaca lebih mudah memahami isi artikel yang kamu buat.

Penentuan kata kunci juga sangat penting dalam membuat artikel. Pastikan untuk membuat kata kunci yang relevan dan jangan terlalu banyak. Sisipkan di bagian paragraf satu, dua, dan paragraf terakhir. Minimal kamu harus memasukkan kata kunci utama sebanyak tiga kali dalam artikel, dan satu kata kunci turunan di bagian isi.

Advertisement