Penulis : Aditya Pratama

RUKUN puasa Ramadhan beserta syarat wajib dan sahnya merupakan informasi penting bagi umat Islam.

Tujuan dari berpuasa Ramadhan adalah beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagai umat Islam harus mengetahui rukun puasa Ramadhan beserta syarat wajib dan sahnya.

Rukun Puasa Ramadhan

Adapun rukun puasa Ramadhan terbagi menjadi dua yaitu niat dan menahan diri dari yang membatalkan puasa. Berikut adalah penjelasannya:

1. Niat

Rukun puasa yang pertama adalah niat atau kesadaran hati untuk beribadah. Adapun niat puasa baiknya pada malam hari. Cukup diungkapkan dalam hati.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

2. Menahan diri dari segala yang membatalkan

Rukun puasa kedua adalah menahan dari segala yang membatalkan puasa. Mulai dari makan, minum, hingga melakukan hubungan badan dengan sengaja. Menahan diri dari segala yang membatalkan dimulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

3. Syarat wajib puasa Ramadhan

Berikutnya syarat wajib puasa Ramadhan ada enam yakni islam, baligh dan berakal, mampu melakukannya, sehat, suci dari haid dan nifas, dan tidak dalam perjalanan. Seorang muslim yang memenuhi kreteria tersebut wajib berpuasa.

4. Islam

Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan umat islam untuk menjalankan puasa Ramadhan satu bulan penuh. Seseorang yang tidak mengimani Allah Ta’ala tidak wajib berpuasa.

5. Baligh dan berakal

Berdasarkan ulama Syafi’iyah dan Hambali, anak laki-laki dan perempuan memasuki usia baligh saat menginjak 15 tahun. Sementara, ulama Malikiyah menetapkan usia balik saat menginjak 17 tahun.

Selanjutnya yang diwajibkan berpuasa adalah umat Islam berakal. Orang hilang akal tidak wajib berpuasa karena tidak berakal.

6. Mampu melakukannya

Syarat wajib puasa ramadhan adalah mampu melakukannya. Orang tua yang sudah uzur tidak dapat berpuasa maka boleh tidak berpuasa.

7. Sehat

Umat Islam dalam keadaan sehat secara fisik wajib melaksanakan puasa. Orang sakit dapat meninggalkan puasa, tetapi wajib menggantinya.

8. Suci dari Haid dan Nifas

Wanita dalam keadaan haid dan nifas tidak wajib berpuasa. Bahkan jika mereka melaksanakannya hukumnya haram.

9. Tidak dalam perjalanan

Syarat wajib puasa Ramadhan adalah bukan musafir. Orang dalam perjalan bole tidak melaksanakan puasa, tetapi wajib menggantinya lain waktu.

10. Syarat Sah Puasa Ramadhan

Setelah mengetahui syarat wajib, ketahui pula syarat sah puasa Ramadhan. Syarat sah puasa adalah semua hal yang membuat puasa Ramadhan sah atau diterima.

Adapun syarat sah puasa Ramadhan terbagi menjadi lima yaitu islam, niat, berakal, masuk waktu puasa, dan suci dari haid dan nifas.

Itulah rukun puasa Ramadhan beserta syarat wajib dan sahnya. Wallahu a’lam bisshawab. 

Advertisement