Penulis : Aditya Pratama

DOA setelah baca Yasin lengkap Arab, latin, dan terjemahannya. Surat Yasin berada di urutan ke-36 dalam Alquran yang memiliki 83 ayat.

Surat Yasin yang termasuk golongan Makkiyyah ini artinya hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala yang mengetahuinya. Namun, sebagian ulama tafsir menakwil arti Surat Yasin dengan nama Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan Surat Yasin berisi penegasan kepada umat manusia bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam adalah utusan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang ditugaskan untuk membawa manusia kepada agama yang lurus.

Tidak hanya itu, Surat Yasin juga berisi tentang kematian, siksa, dan peringatan kepada umat manusia yang tidak beriman kepada Allah Azza wa Jalla di alam kubur serta balasan kelak di akhirat.

Seusai membaca Surat Yasin, biasanya kaum Muslimin akan melanjutkan dengan doa. Doa setelah membaca Alquran Surat Yasin adalah bentuk ikhtiar batin memohon ampunan dan rahmat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala serta perlindungan dari setiap bentuk kejahatan. 

Advertisement