Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama

Untuk yang memang ingin melakukan cek NISN dengan mudah dan juga cepat, langsung saja masuk ke dalam informasi yang ada di artikel kali ini. Ya, memang disini akan disampaikan beberapa informasi yang tentunya penting dan bisa diketahui.

Memang cara melakukan ceknya ini pun sekarang banyak ingin diketahui oleh orang-orang. Pasalnya dengan cara yang satu ini, nanti siswa akan tahu apakah NISN yang dimiliki benar terdaftar atau tidak.

Pastinya sudah penasaran bukan bagaimana cara melakukan pengecekannya ini? Kalau memang sudah penasaran langsung saja menyimak informasi yang selengkapnya di bagian selanjutnya ini.

Cek NISN Siswa Online Kemendikbud dengan Nama 2023 Mudah

Sebelum masuk ke beberapa cara mengeceknya tersebut, bisa langsung simak dahulu tentang penjelasan NISN. Ya, supaya nantinya semua paham dan mengerti, langsung menyimak di bagian kali ini.

NISN merupakan sebuah kode untuk siswa. Sifat dari NISN ini adalah unik, standar dan juga berlaku untuk selamanya. Jadi, tidak akan ada batas waktunya kalau untuk NISN yang sudah didapatkan. Untuk NISN ini akan didapatkan oleh semua siswa sejak duduk di bangku TK atau Taman Kanak-Kanak.

Ya, kalau sudah mendapatkan NISN di TK, nanti akan berlaku sampai jenjang sekolah apapun, mulai dari SD, SMP, SMA dan lainnya. Nomor Induk Siswa Nasional ini diterbitkan untuk semua siswa atau peserta didik yang memang sudah tercatat di Dapodik.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

NISN pun dilengkapi dengan NIK yang sesuai dengan data di Dukcapil Pusat. Kalau format Nomor Induk Siswa Nasional ini berisi 10 digit nomor atau angka. Untuk formatnya adalah CCCDDDDDDD.

Untuk format CCC itu diambil dari tiga digit terakhir tahun lahir siswa. Kalau format yang DDDDDDD itu merupakan 7 digit angka yang acak dan nantinya semua orang berbeda-beda. Nah, kalau memang memiliki data yang tidak sesuai seperti format, yaitu tiga digit pertama bukan tanggal lahir, maka sudah dipastikan NISN yang dimiliki tidak valid.

Namun, bisa diubah dengan mengganti di data sistem agar bisa benar dan sesuai dengan format yang ada. Nah, untuk yang sudah tahu mengenai informasi tentang NISN ini apa, bisa simak informasi yang selanjutnya. Akan ada pembahasan yang lebih lengkap juga pastinya.

Beberapa Manfaat NISN Yang Harus Diketahui

Nah, untuk NISN ini pun diciptakan pastinya dengan banyak tujuan di dalamnya. Ya, segala sesuatu yang ada, tentunya akan ada manfaat dan tujuannya. Maka dari itu untuk yang ingin mengetahui informasi tentang manfaat NISN akan kami sampaikan di bagian kali ini.

Karena memang untuk melakukan suatu hal, rasanya akan clear kalau sudah tahu mengenai apapun itu di dalamnya. Maka dari itu, untuk yang ingin menggunakan caranya, simak langsung informasi yang akan Mapbussidterbaru.com sampaikan ini.

Untuk Menerapkan Sistem Pengelolaan Secara Online

Manfaat pertama dari adanya NISN ini adalah untuk melakukan penerapan sistem pengelolaan secara online. Ya, pengelolaan siswa akan lebih mudah ketika memiliki NISN. Seperti saja ketika ingin data pendidikan, nantinya akan sangat mudah karena hanya perlu melihat dari NISN yang dimiliki saja.

Tidak perlu lagi melakukan pengelolaan dengan ribet dan mencari satu-satu. Jadi, memang NISN ini sangatlah penting untuk sistem pengelolaan, apalagi secara online. Semuanya akan bisa terlaksana dan terjadi dengan baik.

Membantu Pengidentifikasian Lebih Mudah

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas tadi, kalau NISN setiap orang dan setiap sekolah berdasarkan daerahnya itu akan berbeda-beda. Hal ini memiliki manfaat dan tujuan supaya nantinya akan bisa membantu proses pengidentifikasian data siswa dengan lebih mudah lagi.

Ya, bisa dibayangkan berapa banyak jumlah sekolah-sekolah yang ada di negara Indonesia ini. Tentunya kalau tidak ada sebuat alat bantuan, seperti NISN ini akan susah untuk mengidentifikasinya. Jadi, dengan adanya NISN ini akan bisa mengidentifikasi semua hal yang berkaitan dengan siswa lebih mudah dan juga lebih efisien. Selain itu juga bisa dilakukan secara berkesinambungan.

Mendukung Semua Program Dapodik

Nomor Induk Siswa Nasional ini pun memiliki fungsi dan juga manfaat untuk mendukung semua program yang datang dari Dapodik. Dapodik atau yang memiliki kepanjangan Data Pokok Pendidikan adalah sebuah sistem pendataan skala nasional dan terpadu.

Nah, untuk Nomor Induk Siswa Nasional ini memang nantinya akan bisa digunakan untuk melakukan pembuatan PIP, mengikuti ujian nasional atau UN, mendapatkan BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan lain-lainnya. Jadi, memang memiliki banyak sekali manfaatnya NISN ini, maka dari itu semua siswa wajib memiliki nomor tersebut.

Digunakan Untuk Pendaftaran Sekolah

Bukan hanya itu saja, tetapi nantinya Nomor Induk Siswa Nasional ini pun akan bisa digunakan untuk pendaftaran sekolah. Ya, setiap naik ke tingkatan atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi, tentu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Seperti yang tadinya duduk di bangku SD dan sudah naik ke tingkat SMP, harus melakukan pendaftaran dahulu.

Saat proses pendaftarannya tersebut pun, nanti memerlukan nomor tersebut untuk melengkapi formulir pendaftarannya. Maka semua orang harus tahu Nomor Induk Siswa Nasional yang dimiliki tersebut agar pendaftaran sekolahnya bisa berjalan dengan lancar.

Membantu Pengiriman Nilai Dan Juga Laporan

Untuk manfaat dan juga tujuan yang terakhir dari NISN ini adalah untuk membantu pengiriman nilai beserta dengan laporan. Ya, kalau sudah mencantumkan Nomor Induk Siswa Nasional tersebut, nantinya data yang dikirimkan tersebut akan lebih cepat untuk didapatkan atau terkirim ke siswa itu sendiri.

Nah, untuk yang memang ingin mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional yang dimilikinya, langsung simak beberapa tahapan untuk cek NISN yang akan disampaikan di bawah ini.

Cara Cek NISN Siswa Online Dengan NIK Mudah & Cepat

cara mengecek nomor induk siswa nasional nisn

Nah, setelah tahu tentang segala macam hal mengenai NISN ini, sekarang bisa simak saja informasi pentingnya, yaitu cek NISN yang mudah dan juga cepat. Pasalnya memang NISN ini sering sekali terlupakan oleh siswa. Jadi, ketika dibutuhkan, pasti akan mencari tahunya dahulu.

Namun, tenang saja karena memang cara untuk melakukan pengecekannya ini pun sangatlah mudah. Nantinya hanya perlu melakukan pengecekan melalui sebuah website. Jadi, mengeceknya hanya perlu menggunakan PC, handphone dan lain-lainnya.

Sebelum melakukan pengecekannya ini pun haruslah pastikan dahulu kalau jaringan internetnya sudah stabil. Jadi, nanti prosesnya tidak akan terhambat atau apapun. Kalau seperti itu, di bawah ini akan kami sampaikan informasi tentang cara mengecek NISN dengan mudah dan juga cepat.

  1. Akses dahulu Browser yang digunakan di dalam perangkat.
  2. Lalu, nantinya masuk ke dalam situs Kemendikbud yang resmi atau bisa langsung melalui link https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.
  3. Jika sudah masuk ke dalam situsnya, langsung saja di halaman utama yang disediakan, klik Pencarian Nama untuk melakukan pengecekan NISN tersebut.
  4. Nantinya langsung ditampilkan halaman untuk form informasi. Isilah semua data yang memang diminta di dalamnya. Mulai dari nama siswa, nama ibu kandung, tanggal lahir dan lain-lain. Pastikan kalau pengisiannya ini sudah lengkap dan valid agar tidak gagal dalam mengeceknya.
  5. Kalau sudah selesai, bisa dicek kembali data-data yang dimiliki.
  6. Jika semuanya sudah bisa dipastikan benar, bisa klik di bagian I’m not a robot.
  7. Kemudian, bisa langsung mengklik Cari Data untuk menemukan NISN yang dimiliki.
  8. Tunggu saja beberapa saat sampai nanti NISN dimunculkan di halaman tersebut.
  9. Selesai, bisa langsung saja mengetahui NISN yang dimiliki.

Berbagai Penyebab NISN Tidak Terdaftar Saat Dicek

Setelah mengetahui tentang cara cek NISN yang ada di atas tadi, maka sekarang ini ada beberapa hal juga yang menjadi penyebab dari NISN tidak terdaftar saat dilakukan pengecekannya. Mungkin, untuk beberapa orang yang pernah mengalami hal tersebut, tidak tahu penyebabnya karena hal apa.

Jadi, supaya bisa mengetahui apa penyebab dari Nomor Induk Siswa Nasional yang dimiliki tidak terdaftar, langsung saja menyimak beberapa informasi yang ada di bawah ini. Jangan sampai ketinggalan tentang informasi-informasi yang pentingnya disini.

Terjadi Perbedaan Arsip Data

Untuk yang mengecek Nomor Induk Siswa Nasional dan nantinya akan muncul tulisan Nomor Induk Siswa Nasional tidak terdaftar, maka bisa saja hal yang menjadi penyebabnya ini adalah perbedaan dari arsip data dari data yang sebelumnya. Nah, jadi nantinya kalau memang hal ini sudah terjadi, bisa langsung lakukan sinkron data.

Supaya nantinya ketika mengecek lagi, Nomor Induk Siswa Nasional tersebut akan langsung terdaftar. Untuk melakukannya bisa langsung saja hubungi pihak yang memang berwenang untuk melakukannya.

Data-Data Yang Dicantumkan Salah

Selain itu, ada juga penyebab dari Nomor Induk Siswa Nasional tidak terdaftar adalah data-data yang dicantumkan di dalamnya salah. Penyebab yang satu ini memang seringkali terjadi. Hal ini disebabkan karena orang-orang yang mengecek tidak teliti akan data-data yang dimasukkan ke dalamnya tersebut.

Oleh sebab itu, seperti yang sudah kami sampaikan di atas tadi, kalau ingin mengecek dan memasukkan data-data ke dalamnya haruslah teliti dan jangan sampai salah. Kalau bisa, lakukan pengecekan dari per huruf agar semua itu berjalan dengan lancar dan tidak ada kesalahan.

Karena kalau nantinya salah tentu tidak akan terdeteksi dengan baik Nomor Induk Siswa Nasional yang ingin diceknya. Jadi, benar-benar diperhatikan dan juga dilakukan dengan sangat hati-hati dalam pengecekannya tersebut.

NISN Yang Ada Terdeteksi Ganda

Untuk penyebab yang terakhir ini adalah Nomor Induk Siswa Nasional yang ada itu terdeteksi ganda. Jadi, bukan hanya ada satu Nomor Induk Siswa yang dimiliki oleh mu, tetapi ada juga orang yang memiliki NISN sama. Nah, untuk hal ini bisa langsung dilaporkan ke pihak yang memang berwenang agar bisa langsung diurus dan diperbaiki.

Itulah beberapa informasi mengenai cek NISN yang bisa dilakukan oleh semua pembaca dengan baik dan benar. Kalau memang sudah penasaran dan juga ingin mencobanya, bisa langsung coba dengan ikuti langkah-langkah di atas.