Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama

Sebelum membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an seorang muslim dianjurkan untuk mempelajari ilmu tajwid dulu. Mulai dari idhar, idghom, iqlab, hingga ikhfa haqiqi. Sebab, hukum mempelajari tajwid sendiri adalah fardhu kifayah sementara mengamalkannya berhukum fardhu ‘ain.

Bukan tanpa sebab, ilmu tajwid menjadi panduan sendiri agar bacaan Al-Qur’an bisa sesuai kaidah. Jangan sampai karena salah mengucapkan membuat ayat tersebut berubah arti. Alih-alih mendapatkan pahala, bacaan yang salah bisa mendatangkan dosa.

Kali ini, akan dibahas dengan lengkap seputar hukum bacaan ikhfa baik yang haqiqi atau syafawi. Mulai dari cara membaca, huruf-huruf yang ada di dalamnya, hingga beberapa contoh bacaannya. Tidak perlu menunggu lama, langsung saja baca ulasan di bawah!

Pengertian Ikhfa Haqiqi

Pengertian Ikhfa Haqiqi 1

Saat baru pertama kali mempelajari ilmu tajwid, wajar jika masih bingung dengan berbagai hukum bacaannya. Pasalnya memang terdapat beberapa hukum yang harus dihafalakan. Mulai dari idhar halqi, idgham bighunnah dan bilaghunnah, iqlab, serta ikhfa.

Karena berbagai hukum bacaan tersebut memanglah memiliki huruf masing-masing. Sehingga dibutuhkan kesabaran dan waktu untuk bisa menghafal dan terbiasa dengan berbagai hukum bacaan tersebut. Namun jika sering dipraktekkan, pasti penerapan berbagai hukum tajwid akan terasa lebih mudah.

Sementara itu, apa maksud dari bacaan ikhfa dalam tajwid? Merujuk dari asal katanya, ikhfa berarti samar atau membunyikan. Sementara haqiqi memiliki arti sungguh-sungguh. Haqiqi digunakan sebagai pembeda hukum ikhfa pada aturan bacaan nun mati atau tanwin dengan bacaan mim mati.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Ikhfa yang ada pada hukum nun mati atau tanwin akan memiliki embel-embel haqiqi di belakangnya. Sementara ikhfa yang ada pada hukum mim mati dalam tajwid disebut sebagai ikhfa syafawi.

Dari situ, dapat diartikan bahwa ikhfa haqiqi adalah saat terdapat nun mati atau tanwin bertemu dengan 15 huruf ikhfa. Penasaran dengan cara membaca serta apa saja huruf-huruf ikhfa itu? Simak selanjutnya pada penjelasan berikut!

Huruf-Huruf Bacaan Ikhfa’

Huruf-Huruf-Bacaan-Ikhfa’

Banyak yang mengeluhkan sulit untuk menghafal berbagai huruf yang termasuk dalam bacaan Ikhfa. Karena total hurufnya sendiri memang hingga 15 huruf hijaiyah. Adapun beberapa huruf tersebut diurutkan dari hijaiyah paling awal yaitu sebagai berikut:

  • ت (ta)
  • ث (tsa)
  • ج (jim)
  • د (dal)
  • ذ (dzal)
  • ز (za)
  • س (sin)
  • ش (syin)
  • ص (shod)
  • ض (dhod)
  • ط(tho)
  • ظ (dho)
  • ف (fa)
  • ق(qof)
  • ك (kaf)

Terlihat banyak bukan? Namun, berikut ini terdapat cara dan tips yang bisa dilakukan untuk bisa menghafalnya dengan mudah:

1. Buat Singkatan

Dalam mempelajari tajwid, banyak ustadz/ustadzah yang membuatkan singkatan untuk pada muridnya. Dengan begitu 15 huruf ikhfa dapat lebih mudah dihafalkan. Siapapun dapat berkreasi sebebas mungkin untuk merangkum 15 huruf hijaiyah tersebut menjadi suatu singkatan yang mudah dihafal.

Adapun salah satu contoh singkatan yang berisi rangkaian 15 huruf ikhfa adalah sebagai berikut:

سَتُجْزَ صَدُّكَ فَثِقْ ضَطَظٍ شَذَ

2. Hafalkan Huruf Hukum Bacaan Lain

Cara kali ini juga begitu efektif untuk menghafalkan berbagai huruf yang terdapat dalam ikhfa haqiqi. Pasalnya, jika telah menghafal huruf idzhar, idghom, serta iqlab, maka sisanya adalah huruf ikhfa. Karena hal ini pula, banyak yang memilih untuk mempelajari bacaan ikhfa di bagian akhir.

Adapun berbagai huruf yang terdapat dalam hukum bacaan tajwid lain di antaranya sebagai berikut:

  • Huruf idzhar halqi ada 6, yaitu (ء, ه ,ع ,غ ,ح, خ)
  • Huruf idgham bigunnah ada 4, yaitu (ي ,ن ,م ,و )
  • Huruf idgham bilagunnah ada 2, yaitu (ل ,ر)
  • Huruf iqlab ada satu, yaitu (ب)

Total huruf yang ada dalam berbagai hukum bacaan nun mati dan tanwin di atas adalah 13 huruf. Karena terdapat 28 huruf hijaiyah, maka 15 sisanya merupakan huruf yang termasuk dalam bacaan ikhfa. Jika sudah terbiasa menggunakan berbagai huruf di atas, pasti penerapan huruf ikhfa juga akan lebih mudah.

Hukum serta Cara Membaca Ikhfa

Hukum-serta-Cara-Membaca-Ikhfa

Setelah mengetahui pengertian serta berbagai huruf ikhfa, maka perlu juga mengetahui cara membacanya. Sesuai dengan namanya, bacaan ikhfa dibaca secara samar. Artinya saat terdapat nun mati atau tanwin bertemu dengan 15 huruf ikhfa, maka tidak boleh membacanya dengan jelas.

Lafadz tidak boleh terlalu condong pada bunyi nun mati/tanwin maupun mada makhroj huruf yang jatuh setelahnya. Jika mengacu pada ilmu tajwid, maka cara membaca ikhfa adalah di antara idzhar dan idgham.

Untuk praktek langsungnya, bacaan ini dilakukan dengan cara menyamarkan bunyi nun mati atau tanwin. Sementara masih membunyikan nun mati/tanwin, mulut segera condong pada makhroj huruf setelahnya. Sehingga lafadz yang diucapkan adalah samar-saman antara nun mati/tanwin dengan huruf ikhfa.

Adapun hukum bacaan ikhfa adalah dengan menahan sama-samar selama sekitar 2-3 harakat. Sementara itu, juga terdapat beberapa syarat berlakunya ikhfa yang harus diketahui sebagai berikut:

  • Jika pada nun mati, maka ikhfa bisa berlaku pada satu kalimat ataupun dua kalimat yang berbeda, seperti كُنتُمْ
  • Jika pada tanwin, ikhfa hanya bisa berlaku pada dua kalimat yang berbeda saja, seperti قَوْلًا ثَقِيلًا

Contoh Ikhfa Haqiqi dan Penjelasannya

Contoh Ikhfa Haqiqi dan Penjelasannya

Mempelajari contoh-contoh hukum bacaan tajwid adalah salah satu cara untuk bisa lebih mudah memahaminya. Contoh-contoh ini bisa digunakan sebagai acuan untuk belajar dalam mempraktekannya. Untuk itu, langsung saja simak berbagai contoh ikhfa pada tabel berikut:

Contoh Bacaan IkhfaKeterangan
مِّنْ سِجِّيْلٍContoh tersebut dibaca ikhfa karena terdapat nun mati bertemu dengan huruf (sin)
وَّاَنْزَلْنَاContoh tersebut dibaca ikhfa karena terdapat nun mati bertemu dengan huruf (za)
يَنْطِقُوْنَContoh tersebut dibaca ikhfa karena terdapat nun mati bertemu dengan huruf (tho)
مَنْضُوْدٍContoh tersebut dibaca ikhfa karena terdapat nun mati bertemu dengan huruf (dhod)
مِنْ شَرِّContoh tersebut dibaca ikhfa karena terdapat nun mati bertemu dengan huruf (syin)
وَاَجْرٍ كَرِيْمٍContoh tersebut dibaca ikhfa karena terdapat tanwin bertemu dengan huruf (kaf)
عَذَابًا قَرِيْبًاContoh tersebut dibaca ikhfa karena terdapat tanwin bertemu dengan huruf (qaf)
اَغْلٰلًا فَهِيَContoh tersebut dibaca ikhfa karena terdapat tanwin bertemu dengan huruf (fa)
نَارًا ذَاتَContoh tersebut dibaca ikhfa karena terdapat tanwin bertemu dengan huruf (dzal)
مَاۤءً ثَجَّاجًاContoh tersebut dibaca ikhfa karena terdapat tanwin bertemu dengan huruf (tsa)

Perbedaan Ikhfa Haqiqi dan Ikhfa Syafawi

Perbedaan Ikhfa Haqiqi dan Ikhfa Syafawi

Memiliki nama yang hampir sama, banyak orang yang masih bingung dengan ikhfa syafawi serta haqiqi. Meski begitu keduanya tentulah sangat berbeda. Ikhfa syafawi termasuk dalam kategori hukum mim mati sementara haqiqi adalah kategori hukum nun mati atau tanwin.

Jika pada ikhfa di atas total hurufnya terdapat 15, maka huruf ikhfa syafaqi hanya satu saja, yaitu ba. Ikhfa syafawi adalah saat terdapat mim mati bertemu dengan huruf ba. Cara membacanya hampir sama dengan haqiqi, yaitu dengan cara samar-samar.

Contoh: فَاحْكُم بَيْنَهُم (fahkum bainahum)

Pertama, bacalah mim mati dengan mendengungkannya selama sekitar 2-3 harokat. Baru setelah menahannya, dilanjutkan dengan memasuki makhraj huruf ba yang jatuh setelahnya.

Sampai sini, dapat dipahami bahwa cara membaca ikhfa haqiqi adalah dengan samar-samar. Sementara huruf-huruf yang masuk dalam bacaannya terdapat 15 huruf hijaiyah. Cobalah untuk sering mempraktikan hukum bacaan ini agar bisa menghafalnya dengan lebih cepat dan mudah.

Advertisement