Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama

Berhubung banyak sekali produk Apple atau iPhone yang beredar luas di pasaran, maka membuat calon pembeli harus mewaspadai hal ini dengan sebaik mungkin. Salah satunya yaitu dengan cara mengecek garansi iPhone terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Cara ini juga bisa berfungsi untuk membantu calon pembeli agar mengetahui keaslian dari iPhone. Selain melakukan pengecekan garansi, penting juga untuk mengecek IMEI untuk memastikan apakah produk iPhone yang kamu beli tersebut asli atau palsu.

Apabila belum mengetahui bagaimana cara pengecekan garansi iPhone, tidak perlu khawatir, karena bisa dilakukan dengan langkah yang sangat mudah dan pastinya kamu tidak akan mengalami kesulitan.

Cara Mengecek Garansi iPhone

Cara Mengecek Garansi iPhone sub

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa proses pengecekan garansi iPhone tidak terlalu sulit dilakukan. Terlebih lagi banyaknya iPhone palsu yang dijual bebas di pasaran, maka membuat masyarakat merasa resah ketika ingin melakukan pembelian.

Supaya kamu merasa lebih lega dan tidak khawatir, langsung saja berikut ini cara mengecek garansi iPhone:

  • Silakan buka menu setting yang ada di iPhone terlebih dahulu.
  • Setelah itu pilih menu general.
  • Lalu lanjutkan dengan cara memilih menu about.
  • Secara otomatis, layar akan menampilkan serial number yang ada pada iPhone tersebut.
  • Lalu kunjungi situs berikut https://support.apple.com/ untuk memasukkan serial number iPhone yang kamu miliki.
  • Apabila sudah masukkan negara, silakan pilih see your service and support coverage di bagian menu service and repair.
  • Secara otomatis, layar akan menampilkan garansi iPhone dan detail status ponsel tersebut.

Dengan mengunjungi situs ini, maka kamu bisa melihat beragam informasi yang berhubungan dengan perangkat iPhone tersebut. Baik itu dari tanggal pembelian, bahkan sampai dengan masa berlakunya garansi.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Apabila pada kenyataannya garansi sudah habis, padahal baru saja membeli maka hal ini patut untuk dicurigai dan bisa dipastikan bahwa itu bukanlah iPhone resmi.

Jenis Garansi Iphone

Jenis Garansi Iphone

Pentingnya melakukan pengecekan garansi dari produk iPhone yang dilakukan saat pembelian supaya tidak menjumpai iPhone palsu. iPhone abal-abal pastinya tidak akan memberikan garansi kepada pembelinya.

Terlebih lagi iPhone memiliki beberapa jenis garansi yang sebaiknya kamu mengetahuinya seperti ulasan berikut:

1. Garansi Resmi

Untuk jenis garansi yang pertama yaitu garansi resmi yang dikeluarkan oleh Apple kepada distributor atau perusahaannya dalam satu negara. Pada biasanya untuk jenis garansi ini, Apple memberikan jangka waktu tertentu.

Bagi pengguna iPhone asli, maka penting bagi kamu untuk melakukan pembelian perangkat iPhone yang ada di gerai resmi Apple. Selain itu proses garansi resmi juga berlaku pada berbagai negara yang sifatnya internasional. Akan tetapi, hanya untuk beberapa seri tertentu saja.

2. Garansi Distributor

Garansi distributor akan diberikan oleh pihak distributor yang telah memasukkan produk Apple secara tidak resmi ke negara Indonesia. Pada biasanya, untuk garansi tersebut tidak akan ditanggung oleh distributor yang memasukkannya.

Artinya bahwa kamu hanya dapat mengklaim garasi garansi pada pihak distributor dan bukan dari pihak service center Apple secara resmi. Memang iPhone yang dijual di distributor jauh lebih murah jika dibandingkan dengan iPhone resmi.

Oleh karena itu, penting bagi kamu agar lebih berhati-hati, karena banyak sekali iPhone Refurbish atau rekondisi yang dijual dengan cara mengatasnamakan garansi distributor.

Supaya bisa memastikan apakah perangkat iPhone kamu tersebut refurbish atau baru, maka cara mengecek garansi iPhone di atas wajib dilakukan.

3. Garansi Penjual atau Toko

Jenis garansi yang ketiga ini akan berlaku bagi perangkat Apple palsu, KW, supercopy, refurbish maupun black market. Garansi ini diberikan selama 1 bulan dari tanggal pembelian dan berdasarkan dari kepercayaan antara penjual dan pembeli.

Harga iPhone dengan garansi toko maupun penjual memang lebih murah. Akan tetapi tidak semua toko mampu memberikan tanggung jawab secara penuh. Untuk itu kamu harus berhati-hati.

4. Garansi Internasional

Garansi internasional dikatakan sangat fleksibel karena iPhone dengan garansi internasional dapat mengklaim garansi tersebut di semua Autorized Reseller Apple yang ada di seluruh dunia. Biasanya garansi akan diperoleh pada saat kamu melakukan pembelian iPhone di luar negeri.

Manfaat Garansi Resmi Apple

Pemberian garansi pada produk iPhone yang dibeli memang sangatlah penting. Oleh karena itu, wajar saja jika kamu harus mengetahui bagaimana cara mengecek garansi iPhone sebelum melakukan pembelian.

Ada beberapa manfaat yang akan kamu peroleh jika membeli produk iPhone yang masih memiliki garansi resmi, di antaranya seperti berikut:

1. Layanan Perangkat Keras

Untuk manfaat yang pertama yaitu adanya layanan perangkat keras yang merupakan garansi untuk memperoleh perbaikan maupun servis bersertifikasi melalui penyediaan layanan resmi dari pihak Apple itu sendiri.

Oleh karena itu, keberadaan dari garansi resmi Apple untuk layanan perangkat keras mampu terjamin kepercayaannya 100%.

2. Dukungan Telepon dan Obrolan

Pihak dari teknisi ahli Apple akan menghubungi melalui obrolan maupun telepon, karena ini adalah layanan dukungan yang bisa meningkatkan kepercayaan pengguna Apple kepada perusahaan yang ternama ini.

Sedangkan Apple itu sendiri juga tidak mengecualikan, membatasi maupun menangguhkan hak-hak lain yang telah dimiliki penggunaan iPhone. Termasuk hak yang mungkin saja timbul dari ketidaksesuaian suatu kontrak penjualan.

Dalam hal ini, maka kamu selaku pembeli dan pengguna iPhone harus mengetahui hak-hak apa saja yang diperoleh. Untuk hak pembeli sepenuhnya dikeluarkan oleh Apple dan berdasarkan dari hukum negara, provinsi, maupun negara di bagian mana kamu melakukan pembelian iPhone tersebut.

Untuk itu, tidak perlu khawatir selama penggunaan ponsel iPhone, karena sudah dipastikan keamanannya terjamin. Asalkan kamu melakukan pembelian iPhone resmi dan asli.

Tips Membeli Iphone

Produk yang dikeluarkan oleh Apple memang sangat terkenal harganya yang sangat mahal. Akan tetapi tidak semua orang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan pembelian iPhone. Oleh karena itu, mereka asal melakukan pembelian iPhone dengan harga yang murah tanpa.

Terlebih lagi mereka tidak memikirkan apakah ponsel yang dibeli tersebut dalam kondisi baru, rekondisi, tidak bergaransi atau yang lainnya. Agar terhindar dari hal-hal yang bisa merugikan diri kamu sendiri maka, sebaiknya ikuti tips aman berikut ini ketika ingin melakukan pembelian iPhone:

  • Pastikan pembelian yang dilakukan secara offline dilakukan di toko virtual maupun distributor Apple secara resmi.
  • Hindari membuka dusbox di rumah, namun bukalah di toko tempat dimana kamu melakukan pembelian ponsel.
  • Lalu lakukan pengecekan bersama dengan petugas toko.
  • Cocokan IMEI yang ada di body iPhone dengan yang ada pada dusbook.
  • Periksa garansi iPhone dengan cara yang ada di atas.
  • Lakukan pengecekan garansi yang terlampir pada dusbook.

Untuk proses cara mengecek garansi iPhone bisa dilakukan dengan langkah yang sangat mudah, karena tinggal beberapa langkah saja, kamu sudah bisa memastikan apakah ponsel yang kamu miliki tersebut asli atau palsu.

Selain itu juga pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel masih dalam masa garansi supaya apabila mengalami kerusakan atau permasalahan pada ponsel bisa langsung klaim garansi tersebut dan kamu tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk perbaikan.

Advertisement