Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama
|
Reporter : Aditya Pratama

2. Menggunakan Fitur ‘Katalog Saya’

Selain menggunakan fitur dropship, pengguna juga bisa mencoba cara jadi dropship di Shopee dengan memanfaatkan fitur ‘katalog saya’. Fitur ini sendiri bisa digunakan untuk memulai bisnis sebagai dropshipper serta reseller.

Melalui fitur satu ini, para dropshipper bisa menentukan harga jual suatu produk dengan lebih bebas serta leluasa. Hal ini karena harga asli suatu produk tidak ditampilkan sehingga penjual bisa menentukan keuntungan penjualan sesuai kebutuhan.

Jika tertarik dengan fitur satu ini, berikut cara menjadi dropship pemula di Shopee dengan menggunakan fitur ‘katalog saya’:

Memiliki Akun Shopee

Sama seperti metode sebelumnya, hal pertama yang harus dilakukan untuk bisa dropship di Shopee adalah memiliki akun terlebih dahulu. Jika belum memilikinya, instal aplikasi Shopee terlebih dahulu dan pendaftaran akun bisa dilakukan pada saat pertama kali membuka aplikasi.

Carilah Produk yang Akan Dijual Kembali

Dalam menjadi dropship, hal penting yang perlu diperhatikan adalah selektif dalam memilih produk yang akan ditawarkan pada calon konsumen. Mulai dari kualitas hingga harga produk yang ditawarkan oleh produsen.

Setelah menemukan produk yang paling ideal untuk dijual kembali, klik ikon ‘Share’ yang ada di bagian pojok kanan atas halaman produk. Lanjutkan dengan mengetuk menu ‘Katalog’ yang terdapat di kiri bawah halaman.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Ubah informasi barang mulai dari gambar, nama produk, deskripsi barang, hingga harga sesuai dengan yang diinginkan. Dropshipper bisa menambahkan hingga 9.000 produk ke dalam daftar katalog.

Promosikan Produk

Untuk bisa menjangkau banyak pembeli, maka dropshipper perlu mempromosikan produknya. Ini karena pastilah juga terdapat banyak produsen, reseller, hingga dropshipper di luar sana yang menjual produk hampir serupa.

Oleh karena itu, penjual perlu mempromosikan produk dengan cara sekreatif mungkin dan harus konsisten. Untuk bisa mempromosikannya, cara yang paling mudah adalah dengan membagikan tautan produk. Caranya, masuklah ke menu halaman ‘Saya’ yang ada di pojok kiri bawah halaman utama Shopee.

Lanjutkan dengan memilih opsi ‘Katalog Saya’ kemudian pilih produk yang akan dipromosikan. Setelahnya klik opsi ‘Share’, dan dilanjutkan dengan memilih media sosial yang ingin digunakan untuk membagikan tautan produk.

Selain itu, penjual juga bisa memilih opsi ‘salin tautan’ jika masih ingin menambahkan sederet caption serta kalimat promosi. Nantinya calon pembeli yang tertarik dengan produk tersebut, maka akan melihat halaman produk mulai dari nama, deskripsi, hingga harganya melalui browser.

Transaksi Pembelian

Transaksi pembelian antara penjual dengan calon konsumen akan terjadi di media sosial yang digunakan penjual untuk mempromosikan produk. Sementara itu, penjual bisa melakukan pemesanan ke produsen secara dropship dengan cara yang telah dijelaskan pada metode sebelumnya.

Itulah beberapa cara jadi dropship di Shopee yang bisa dicoba. Terlihat mudah sekali bukan? Meski terkesan tidak ribet, tetap saja para dropshipper harus pintar mencari peluang dengan mempromosikan produk sekreatif mungkin agar bisa bersaing dengan penjual lain.

Advertisement