Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama
|
Reporter : Aditya Pratama

Cara Jadi Dropship di Shopee

Cara Jadi Dropship di Shopee

Setelah mengetahui apa itu dropship dan bagaimana sistemnya, tentu tidak mengherankan lagi jika banyak yang tertarik untuk mencobanya. Bagaimana tidak, berjualan dengan sistem dropship memungkinkan siapa saja untuk bisa sukses tanpa harus mengeluarkan banyak modal.

Bisnisnya pun juga terbilang minim resiko karena penjual tidak harus menyetok barang dan tidak perlu melakukan proses pengemasan hingga pengiriman. Tidak perlu berlama-lama lagi, inilah cara menjadi dropship di Shopee tanpa modal:

1. Menggunakan Fitur ‘Dropshipper’

Untuk memudahkan para penggunanya bergabung menjadi dropshipper, Shopee menghadirkan fitur dropship yang bisa diaktifkan kapan saja. Jika merasa masih awam dengan fitur satu ini, berikut langkah-langkah menjadi dropship di Shopee menggunakan fitur dropshipper.

Memiliki Akun Shopee

Cara jadi dropship di Shopee diawali dengan memiliki akun Shopee terlebih dahulu. Jika belum memilikinya, instal ‘Shopee’ di Play Store dan buka aplikasinya untuk bisa mendaftarkan akun. Nantinya pengguna harus memasukkan no. HP atau email beserta password untuk bisa memiliki akun Shopee.

Mencari Produk dan Memasarkannya

Setelah berhasil memiliki akun Shopee, selanjutnya carilah produk yang ingin dipasarkan. Dalam hal ini, jangan lupa untuk melakukan riset pasar untuk mengetahui barang-barang apa saja yang sekiranya sedang populer atau banyak dicari calon konsumen.

Dalam memilih produk, dropshipper juga harus jeli agar bisa mendapatkan produsen tangan pertama. Karena dengan begitu produk pasti akan lebih murah daripada toko-toko lain sehingga jika dijual kembali maka harga akan tetap bersaing dan masih terjangkau.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Setelah selesai melakukan riset pasar dan mendapatkan produsen yang sesuai, dropshipper juga harus aktif memasarkan produk tersebut. Ini sebagai cara agar para konsumen melirik produk yang ditawarkan dari sekian banyak penjual lain yang menawarkan produk serupa.

Melakukan Pemesanan Produk

Apabila terdapat pembeli yang tertarik dengan produk yang ditawarkan, maka penjual perlu melakukan pemesanan pada pihak produsen. Dalam hal ini, langkah yang tidak boleh dilewatkan adalah mencatat nama serta alamat pembeli.

Setelah itu, barulah beralih ke halaman Shopee dan lakukan pemesanan produk sesuai dengan yang diinginkan pembeli ke toko yang sudah diajak bermitra. Pastikan terlebih dahulu apakah produk sudah sesuai dan sama dengan produk yang ditawarkan pada konsumen.

Jika semua sudah sesuai, checkout produk tersebut untuk pemesanan. Lanjutkan dengan mengganti alamat yang terdapat di bagian paling atas halaman checkout. Isilah form tersebut menggunakan nama dan alamat konsumen yang sebelumnya sudah di catat.

Langkah terakhir, aktifkan opsi ‘Kirim sebagai Dropshipper’ yang ada di bagian pojok kanan bawah halaman checkout dengan cara menggeser toggle nya. Setelah proses pembayaran selesai, maka produsen akan segera mengemas dan mengirimkan produk ke alamat konsumen.

Advertisement