Penulis : Aditya Pratama
Aplikasi Sinyal TV Digital Terbaik Terbaru 2023
Aplikasi Sinyal TV Digital Terbaik Terbaru 2023

mapbussidterbaru.com – Belakangan ini pemerintah mulai mengalihkan penggunaan TV Analog ke TV Digital namun pengalihan ini masih belum di lakukan di seluruh wilayah Indonesia dan masih di beberapa daerah yang di nyatakan siap untuk peralihan ini. Namun sedikit demi sedikit semua daerah akan mulai menggunakan TV Digital, untuk itu kamu perlu mengecek sinyal Digital daerah kamu lewat Aplikasi Sinyal TV Digital.

Memang sinyal TV Digital jauh lebih baik dalam menampilkan gambar dan suara namun sayang nya tidak semua chanel telah tersedia di seluruh wilayah Indonesia, oleh sebab itu pemerintah mengeluarkan aplikasi resmi yang di beri nama Aplikasi Sinyal TV Digital agar masyarakat bisa mengecek sendiri apakah semua chanel TV Digital sudah tersedia di daerah masing – masing.

Apa Itu Aplikasi Sinyal TV Digital

Apa Itu Aplikasi Sinyal TV Digital

Berdasarkan sumber resmi dari Komisi Penyiaran Indonesia dan juga juru bicara Pemerintah, mereka mengatakan jika saat ini sudah ada aplikasi resmi yang di beri nama Aplikasi Sinyal TV Digital yang berguna untuk memudahkan masyarakat mengecek secara langsung ketersediaan sinyal TV Digital di daerah masing – masing.

Aplikasi ini sengaja di buat karena Pemerintah sadar jika belum semua channel TV telah memasang atau menyiarkan sinyal digital di seluruh daerah, jadi mungkin saja terdapat daerah yang mampu atau telah mendapat seluruh channel TV Digital namun ada juga daerah yang hanya bisa mengakses beberapa channel TV Digital saja.

Aplikasi ini juga memiliki fitur berbentuk indikator warna yang mana dengan warna – warna tersebut kamu bisa tau apakah jaringan sinyal digital disana kuat, sedang atau malah sangat buruk. Untuk itu kamu harus menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui semua informasi mengenai sinyal digital di daerah kamu.

Pada dasar nya memang sebagaimana suatu peralihan maka pasti porses peralihan tersebut di lakukan secara bertahap, jadi jika kamu dan daerah mu belum bisa menikmati Sinyal TV Digital maka kamu harus bersabar, karena seluruh channel TV di Indonesia pasti akan terus melakukan pembaruan serta peralihan agar seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati siaran TV Digital ini.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Indonesia bukan negara pertama yang sedang beralih menuju TV Digital, banyak negara di luar sana yang sudah menggunakan siaran TV Digital jauh sebelum Indonesia. Hal ini baru bisa di realisasikan karena memang alat atau komponen untuk menyiarkan siaran TV Digital itu harga nya tidak murah alias mahal.

Setidak nya jika kamu mau membeli Set Top Box TV Digital ada baiknya kamu mencari tau apakah di daerah kamu sudah bisa mengakses semua channel TV Digital, hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan Aplikasi Sinyal TV Digital resmi dari pemerintah Indonesia.

Dengan aplikasi ini kamu bisa tau berapa channel beserta namanya yang bisa kamu nikmati dengan Set Top Box TV Digital kamu. Jika di rasa masih sedikit ada baik nya kamu menunda terlebih dahulu membeli Set Top Box TV Digital, namun jika sudah semua channel TV bisa di aksek maka jangan berlama – lama langsung saja kamu nikmati Sinyal TV Digital di daerah kamu.

Download Aplikasi Sinyal TV Digital Versi Resmi

Download Aplikasi Sinyal TV Digital Versi Resmi

Bila kamu sudah tau mengenai aplikasi ini serta tujuan dari di buat nya aplikasi ini maka selanjutnya kamu harus mencoba aplikasi ini sendiri di perangkat kamu, kamu tidak perlu cari file APK nya di mana – mana karena disini kami telah menyiapkan link download Aplikasi Sinyal TV Digital untuk kamu

Nama AplikasiAplikasi Sinyal TV Digital
PengembangBangunIndo
Versiv3.1.6
Minimal OsAndroid 4.0+

Nah itu adalah link download yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan file APK aplikasi ini untuk kemudian kamu instal di dalam perangkat kamu, jika kamu tidak tau bagaimana cara memasang ny maka jangan bingung, kamu hanya perlu mengikuti intruksi yang di berikan karena cara intsal nya sama dengan Apk di luar Play Store Lainnya.

Cara Cek Sinyal Digital Daerah Kamu Lewat Aplikasi Sinyal TV Digital

Jika kamu sudah mengunduh dan menginstal aplikasi ini di dalam perangkat kamu maka selanjutnya kamu bisa mulai mengecek jangkauan Sinyal TV Digital di daerah rumah kamu sendiri. Jika kamu masih belum tau cara nya maka simak langkah – langkah di bawah ini.

  • Untuk langkah pertama maka kamu bisa “Mengunduh” aplikasi “Sinyal TV Digital” lewat link download yang kami letakan di atas.
  • Selanjutnya kamu harus “Menginstal” aplikasi ini terlebih dahulu.
  • Nah jika kamu sudah berhasil memasang aplikasi ini maka kamu harus mengaktifkan “Lokasi” di perangkat kamu.
  • Jika sudah maka kamu bisa buka “Aplikasi Sinyal TV Digital”.
  • Di tampilan depan silah kan kamu gunakan fitur “Bidik” yang ada di tengah bawah layar, ini untuk memasang titik lokasi agar jadi lebih akurat.
  • Nah disini secara otomatis akan tampil “Daftar Nama Chanel yang bisa kamu akses di daerah kamu.
  • Disini juga kamu bisa mengetahui “Transmiter” dari chanel pemilik alat tersebut.
  • Lalu kamu bisa klik “See Mux Detail” untuk mengetahui secara detail mengenail Sinyal Digital di daerah kamu berupa (Kekuatan Sinyal, Operator Mux, Jenis Layanan, Frekuensi dari Channel tersebut).
  • Bila sinyal TV Digital di daerah kamu kuat maka “Legenda” akan berwarna “Merah”, jika sinyal sedang akan berwarna “Hijau – Kuning” jika jelek maka akan berwarna “Abu – Abu”.

Nah itulah langkah demi langkah untuk mengecek sinyal TV Digital lewat Aplikasi Sinyal TV Digital, seperti yang kamu tau jika sinyal berindikasi merah maka berarti kekuatan sinyal digital di daerah kamu sangat kuat.

Kelebihan Sinyal TV Digital di Bandingkan TV Analog

Bukan tanpa alasan Pemerintah mengalihkan penggunaan sinyal analog menjadi sinyal digital di dalam penyiaran TV Indonesia, ini harus di lakukan agar Indonesia tidak tertinggal oleh negara lain dan juga membuat masyarakat mendapat pengalaman menonton TV yang jauh lebih baik lagi.

Sinyal TV Digital juga memiliki banyak keistimewaan bila di bandingkan dengan TV Analog, bila kamu ingin mengetahui informasi lengkap nya maka kamu bisa simak uraian dari keistimewaan teknologi ini di bawah.

Advertisement