Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama

Meskipun sudah resmi kantongi izin dari OJK, daftar pinjol ini tetap gunakan DC Lapangan yang bahkan bisa lakukan kunjungan ke rumah. Apa saja daftarnya? simak informasi lengkapnya pada ulasan dan juga pembahasan berikut ini.

Pinjaman online memang sangat menggiurkan, apalagi saat adanya kebutuhan mendesak dan sedang tidak ada dana yang bisa digunakan. Akan tetapi, dalam memilih atau melakukan pinjol haruslah berhati-hati. Pasalnya, banyak pinjol ilegal yang akhirnya melakukan penipuan dengan menaikkan suku bunga.

Cukup bermodalkan KTP dan smartphone, sekarang pengajuan di pinjol sangatlah mudah dan bisa dilakukan melalui aplikasi. Meskipun ada resikonya jika pembayaran telat, akan tetapi ini bisa digunakan ketika terdapat kebutuhan yang benar-benar mendesak.

Mengenal DC Lapangan

DC sendiri merupakan upaya pinjol untuk menagih dengan pengadaan Debt Collector (DC). Para DC pinjol ini nantinya bisa datang ke rumah menagih tagihan. Salah satu cara supaya tidak didatangi DC pinjol atau diteror yaitu harus melunasi pinjaman online sebelum jatuh tempo.

Tak sedikit, pemberi pinjaman online yang terlibat dalam teror pinjaman sering kali menggunakan metode yang tidak etis untuk memaksa peminjam membayar pinjaman mereka. Mereka mungkin mengirimkan ancaman melalui pesan teks, telepon, atau penahanan jika mereka tidak segera membayar pinjaman.

Tekanan dari DC lapangan telah menimbulkan tekanan bagi para nasabah. Ada baiknya kalian mengetahui bahwa masih ada pinjol ada DC lapangan yang beredar, namun mereka juga memiliki beberapa keunggulan tersendiri, seperti limit yang tinggi. 

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Aplikasi pinjaman online merupakan salah satu opsi saat membutuhkan dana mendesak. Walaupun tawarannya menarik dan mudah digunakan, tetap perlu hati-hati saat memilih aplikasi pinjaman online. Terutama jika aplikasi tersebut melibatkan Debt Collector (DC) lapangan.

Apa itu DC lapangan? Ini merujuk pada agen penagih hutang yang akan mengunjungi rumah debitur yang telat membayar pinjaman. Mereka bertugas menagih pembayaran agar tagihan lunas.

 Aplikasi Pinjaman Online dengan DC Lapangan

1. Kredivo

Jika pembayaran cicilan tertunda lebih dari dua bulan dan sulit dihubungi melalui telepon, DC lapangan akan melakukan kunjungan ke rumah.

2. AkuLaku

AkuLaku, sebuah platform pinjaman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tidak secara eksplisit menyebutkan kehadiran DC di situs resminya. Namun, dalam beberapa kasus, terdapat laporan penagihan lapangan oleh beberapa agen DC.

3. ShopeePinjam

Fitur ShopeePinjam memiliki kebijakan penagihan lapangan oleh DC jika nasabah tidak membayar tepat waktu. Selain bunga dan cicilan, biaya keterlambatan mencapai 5% per bulan dari total tagihan juga harus dibayar.

4. Kredit Pintar

Umumnya, DC dari Kredit Pintar akan datang kepada nasabah yang terlambat membayar lebih dari tiga bulan setelah jatuh tempo. Bahkan, mereka akan melakukan kunjungan jika telepon tidak diangkat.

5. Tunaiku

Tunaiku juga akan mengirimkan DC ke nasabah yang telat membayar selama tiga bulan. Namun, nasabah dapat menghubungi call center Tunaiku jika kehadiran DC mengganggu, sehingga pihak Tunaiku dapat menindaklanjuti.

Itulah lima aplikasi pinjaman online yang melibatkan DC lapangan. Selain kelima aplikasi tersebut, perlu juga waspada terhadap beberapa aplikasi lain yang juga melibatkan DC lapangan dalam proses penagihan hutang.

Advertisement