Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang beragama Islam ialah belajar. Kegiatan yang satu ini bahkan bukan hanya sekedar kegiatan, tetapi termasuk ibadah yang disukai oleh Allah SWT. Sebelum memulainya, seseorang bisa membaca doa sebelum belajar terlebih dahulu.

Perihal belajar itu sendiri sudah disebutkan baik di dalam Al Qur’an maupun hadits. Dengan melakukan kegiatan yang satu ini, maka seseorang akan mampu meningkatkan kemampuan dirinya dan dia akan mengetahui apa-apa yang sebelumnya bahkan tidak diketahuinya.

Dalil Tentang Kewajiban Belajar

Sebelum membahas tentang doa sebelum belajar, mari ketahui dulu apa saja dalil yang menyebutkan bahwa belajar ini merupakan hal yang sangat diridhoi oleh Allah SWT. Beberapa dalil tersebut sebagai berikut:

1. Al Qur’an Surat Al Mujadalah Ayat 11

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

2. Hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim

وَمَنْ سَلَك  َ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Artinya: “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

Surat Al Mujadalah ayat 11 di atas secara nyata menjelaskan bahwasanya Allah SWT akan mengangkat derajat siapa saja yang menuntut ilmu. Hal ini juga menjadi petunjuk bahwasanya ilmu akan membuat manusia menjadi lebih mulia, bukan hartanya dan juga bukan nasabnya.

Sementara hadits riwayat Imam Muslim menunjukkan bahwasanya Allah SWT sudah berjanji akan mempermudah jalan orang-orang yang menuntut ilmu. Kewajiban untuk belajar ini bukan hanya saat masih usia sekolah. Melainkan mulai dari manusia dilahirkan sampai dengan akhir hayatnya.

Tiga Versi Doa Sebelum Belajar dan Doa Sesudah Belajar

Selain ada doa sebelum belajar, ada pula doa sesudah belajar. Kedua doa ini sebaiknya diketahui mengingat doa sebelum dan doa sesudah adalah satu paket. Namun, baik doa sebelum maupun sesudah belajar terdiri atas tiga pilihan sebagai berikut:

1. Doa Sebelum Belajar

  • Pilihan Doa Pertama

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

(Robbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-sholihiin)

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman. Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”

  • Pilihan Doa Kedua

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

(Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi’a warzuqni fahma)

Artinya: “Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik.”

  • Pilihan Doa Ketiga

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

(Allahummanfa’ni bima ‘allamtani wa ‘allimni ma yanfa’uni wa zidni ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulli halin)

Artinya: “Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu”

2. Doa Sesudah Belajar

  • Pilihan Doa Pertama

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

(Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘lman walhamdulillahi ‘ala kulihal)

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkan ilmu tehadap kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi”

  • Pilihan Doa Kedua

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

(Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin)

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang sudah Engkau ajarkan terhadapku maka kembalikanlah dia kepadaku pada waktu aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam”

  • Pilihan Doa Ketiga

اَللّ هُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

(Allahumma arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa’ah. Wa arinal baathila ba-thilan warzuqnaj tinaabahu)

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya

Advertisement