|
Editor : Aditya Pratama
Doa dan Dzikir Malam Isra Miraj Lengkap Bacaan Arab Latin Beserta Artinya

Doa dan dzikir malam Isra Miraj pada 27 Rajab 1445 Hijriah/2024 Masehi sangat menarik diketahui berikut ini. Isra Miraj adalah satu di antara mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam. Isra Miraj juga menjadi bukti kenabian dan kerasulan Nabi.

Isra Miraj merupakan peristiwa dipanggilnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam menghadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Melalui kekuasaannya, Nabi melakukan perjalanan menaiki Buraq dan ditemani Malaikat Jibril dari Makkah ke Masjid Al Aqsa di Palestina.

Dari sana, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam kemudian dinaikkan menembus pintu-pintu langit hingga Sidratul Muntaha (Miraj). Isra Miraj sangat istimewa berkat peristiwa yang terjadi dalam prosesnya.

Peristiwa Isra Miraj sangat berharga bagi umat Islam, karena di sinilah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam menerima perintah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala tentang kewajiban menunaikan sholat lima waktu sehari semalam.

1. Istighfar

Isra Miraj disebut terjadi pada malam 27 Rajab, namun para ulama berbeda pendapat mengenai hal ini. Adapun Rajab merupakan satu dari empat bulan suci dalam tahun Hijriah. Sangat baik mengerjakan amalan salih pada bulan ini.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Salah satu amalan yang bisa dilakukan pada bulan Rajab adalah istighfar. Perbanyaklah istighfar pada bulan Rajab demi meminta pengampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Pasalnya pada bulan Rajab, Allah Ta’ala senantiasa mencurahkan rahmat untuk hamba-hamba-Nya.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mencontohkan kepada umatnya untuk memperbanyak istighfar (bacaan: Astaghfirullah). Sebab manusia tidaklah luput dari kesalahan dan dosa, sehingga istighfar dan tobat mesti dijaga setiap saat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَاللَّهِ إِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِى الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً

“Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertobat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali.” (HR Bukhari nomor 6307)

Dari Al Aghorr Al Muzanni, sahabat Nabi, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّهُ لَيُغَانُ عَلَى قَلْبِى وَإِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ فِى الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ

“Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali.” (HR Muslim nomor 2702) 

Advertisement