Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama

Salah satu masalah yang sering membuat orang-orang tidak percaya diri adalah kelebihan berat badan. Banyak orang yang mengeluhkan masalah penampilannya karena berat badan berlebih. Maka dari itu saat ini, banyak orang-orang menerapkan pola hidup sehat serta cara menurunkan berat badan cepat agar mendapatkan hasil yang mereka inginkan.

Kelebihan berat badan tak hanya membuat tidak percaya diri, namun juga berbahaya untuk kesehatan. Sebagian besar orang menerapkan cara menurunkan berat badan tak hanya agar mendapat bentuk tubuh yang ideal, tapi juga menghindari berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung hingga kolesterol.

Pentingnya menjaga kesehatan harus mulai diterapkan dari sekarang, terlebih jika kamu memiliki berat badan di atas rata-rata atau tidak ideal dengan tinggi badan. Beragam olahraga ringan atau mengatur pola makan bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang bisa kamu terapkan.

Alih-alih melakukan olahraga berat, beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat ini bisa kamu lakukan dengan santai dan tanpa efek samping. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Beberapa Cara Menurunkan Berat Badan Agar Mendapat Bentuk Tubuh Ideal

8 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman
  • Terapkan pola makan teratur

Hanya karena sedang dalam masa menurunkan berat badan, bukan berarti kamu mengurangi jam makanmu dalam satu hari. Menurunkan berat badan bisa dimulai dengan menerapkan pola makan teratur, yakni dengan merutinkan makan tiga kali sehari.

Makan teratur ini akan menjaga tubuh agar tetap mendapatkan nutrisi sehingga tidak akan merasa lemas sampai mengganggu aktivitas harian. Hanya saja, jika ingin mengurangi berat badan, usahakan untuk mengurangi makanan yang mengandung gula serta tepung.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi sangat dianjurkan bagi yang sedang melaksanakan program diet. Hal tersebut karena protein dapat memberikan efek kenyang lebih lama bagi tubuh, sehingga kamu tidak akan mudah lapar.

Beberapa makanan yang kaya akan protein yakni telur, susu rendah lemak, ikan, dan kacang-kacangan.

  • Mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks

Cara selanjutnya yakni memperbanyak makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.  Mengapa demikian? Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan seratnya juga lebih tinggi dibandingkan dengan karbohidrat biasa.

Makanan-makanan dengan karbohidrat kompleks ini bisa berupa pisang, roti gandum, dan nasi merah.

  • Hindari minuman manis

Saat sedang diet, tentu tidak boleh banyak mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Tubuh manusia memang memerlukan glukosa untuk diubah menjadi energi, namun jika berlebihan justru akan menimbulkan kelebihan lemak. Untuk itu usahakan tidak minum minuman manis selama diet.

  • Perbanyak minum air putih

Air putih merupakan poin yang paling penting dalam menjalankan program penurunan berat badan. Baiknya minum segelas air putih sebelum makan, agar kamu cepat kenyang dan asupan kalori yang masuk ke tubuh pun jadi berkurang.

Selain itu, memperbanyak minum air putih juga bisa mencegah dehidrasi yang terkadang menyerupai dalam bentuk rasa lapar.

  • Lakukan olahraga ringan
melakukan olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan juga disarankan untuk mempercepat penurunan berat badan. Dengan berolahraga tentu akan membakar lemak dalam tubuh yang menyebabkan kegemukan. Selain itu, olahraga juga berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak mudah lelah dan sakit.

Kamu bisa melakukan stretching pada pagi dan malam hari sebelum tidur, atau membiasakan jalan kaki seribu langkah selama menjalankan program penurunan berat badan.

  • Tidur yang cukup dan hindari tidur larut

Saat sedang diet, kamu juga dianjurkan untuk tidur yang cukup dan tidak terlalu larut. Setidaknya kamu harus tidur selama 7-9 jam per hari agar berat badan tidak mudah naik, dan usahakan tidur sebelum pukul 11.00 malam.

Dalam hal ini, istirahat yang cukup akan mencegah peningkatan produksi hormon yang memicu rasa lapar.

  • Kelola stres

Mengelola stres juga sangat diperlukan jika ingin menurunkan berat badan. Saat stres, orang-orang cenderung akan makan lebih banyak, terutama makan makanan manis. Hal itu juga disebabkan oleh kondisi di mana tubuh memproduksi hormon kortisol, yang dapat membuat nafsu makan naik.

Kamu bisa mulai mengelola kegiatan yang kamu sukai jika dirasa mulai stres. Mengalihkan perhatian ke dalam hal yang kamu sukai akan meredakan rasa stres itu sendiri.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan cepat yang bisa kamu terapkan. Jika belum berhasil, pastikan untuk menerapkan cara-cara di atas dengan benar dan rutin.

Advertisement