Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama

Pahami Syarat & Ketentuan Pendaftaran Kartu Prakerja Terbaru 2023

Program Kartu Prakerja yang dilaksanakan oleh pemerintah itu hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah memenuhi syarat saja. Sasaran utama dari programnnya tidak bisa didapat oleh seluruh warga Indonesia.

Ada syarat dan juga ketentuan tertentu yang telah ditetapkan oleh pemerintah jika memang warga ingin medaftar. Tujuannya adalah agar program yang dijalankan ini tepat sasaran dan tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Terdapat beberapa syarat utama yang harus kamu ketahui jika ingin mendaftarkan diri menjadi peserta kartu prakerja. Banyak keuntungan yang akan didapat jika berhasil lolos program tersebut.

Oleh sebab itu, pastikan warga telah melengkapi semua syarat dan mengikuti aturan ketentuan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Usia Sudah Sesuai Ketentuan

Seperti yang Mapbussidterbaru sampaikan sebelumnya bahwa sasaran utama dari program ini adalah diperuntukkan bagi warga yang masih masuk dalam kategori usia produktif.

Rentang umur yang masih masuk dalam kategori boleh mendaftarkan diri menjadi peserta program adalah mereka yang berusia lebih dari 18 tahun sampai batas 64 tahun.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Program kartu prakerja hanya boleh diikuti oleh warga negara Indonesia yang ditujukan dengan kepemilikan KTP atau Kartu Tanda Penduduk.

Sedang Tidak Menempuh Pendidikan

Jika umurmu saat ini masih tergolong dalam syarat penerima kartu prakerja, maka pastikan juga warga sedang tidak menempuh pendidikan formal apapun.

Dengan kata lain, calon pendaftar memang sedang mencari pekerjaan dan tidak terikat sebagai mahasiswa di universitas mana pun.

Tidak Termasuk Golongan Pejabat Negara

Ada beberapa pekerjaan yang pekerjanya tidak diperbolehkan mendaftarkan diri sebagai peserta program Kartu Prakerja, antara lain sebagai berikut.

  • Aparatur Sipil Negara
  • Pejabat Negara
  • Pegawai BUMN dan BUMD
  • Anggota MPR, DPD, DPR, dan DPRD
  • Polisi, Tentara, dan sejenisnya
  • Kepala Desa dan seluruh perangkat desa
  • Para petinggi perusahaan milik negara

Mendaftar Kartu Prakerja Sesuai Gelombang

Jika semua syarat telah kamu penuhi, maka penting bagimu untuk mengikuti ketentuan yang telah diatur. Daftarkan diri sesuai dengan waktu dan jadwal pembukaan gelombang kartu prakerja.

Setiap kartu keluarga hanya akan ada dua anggota yang diperbolehkan menjadi peserta program Kartu Prakerja. Jadi, bila sudah ada dua anggota keluaran dalam KK yang pernah diterima, maka kamu tidak diperkenankan mendaftar kembali.

Advertisement