Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama

BOGOR, MAPBUSSIDTERBARU.COM – Apa saja cara agar baterai HP awet? Apa yang membuat baterai HP cepat habis atau battery health (BH) menurun drastis? Jika ingin baterai HP awet, berhenti lakukan kebiasaan cas HP yang buruk. Apa saja, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Masing-masing pengguna HP mempunyai kebiasaan dalam merawat dan menggunakan smartphone-nya. Salah satu cara merawat ponsel yakni dengan rajin melakukan pengisian daya atau charging saat baterai mulai lemah.

Meski begitu, tak semua orang tahu dan paham bagaimana cara cas HP yang benar. Mungkin saja sebagian besar pengguna tak menyadari jika ada kebiasaan yang kurang tepat ketika sedang mengecas HP. Kebiasaan mengecas yang keliru dan dilakukan terus-menurus bisa berdampak buruk kepada kesehatan smartphone.

Pasalnya, baterai merupakan komponen cukup krusial. Jika kondisi baterai menurun, performa ponsel pun akan ikut melemah. Terdapat beberapa kebiasaan cas HP yang harus dihentikan hal ini agar kesehatan baterai lebih awet. mapbussidterbaru.com akan memberikan tips cara agar baterai HP awet.

Cara Agar Baterai Awet, Berhenti Lakukan Kebiasaan Cas HP Begini

1. Menggunakan Casing Ketika Cas HP

Cara Agar Baterai HP Awet, Berhenti Kebiasaan Cas HP Begini

Kebiasaan yang paling umum ditemukan yakni mengisi daya atau cas HP tanpa melepaskan softcase atau casing HP yang digunakan. Hal tersebut tak direkomendasikan sebab dapat berdampak ke kesehatan baterai (battery health) dan colokan charger.

Yang pertama, pengisian daya atau mengecas menggunakan casing bisa menyebabkan suhu ponsel menjadi overheat atau kepanasan. Umumnya casing berfungsi untuk melindungi keseluruhan bodi ponsel dari benturan atau goresan.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Jika menggunakan casing saat pengisian daya ternyata bisa menghambat sirkulasi udara di dalam ponsel. Sehingga, hal ini dapat membuat smartphone lebih mudah panas dibandingkan tanpa menggunakan casing. Jika HP overheat, maka pengisian daya bisa melambat dan memperpendek masa pakai baterai HP.

Yang kedua adalah tak semua casing HP dirancang dengan baik. Salah satu indikasi jika casing HO buruk yakni mempunyai lubang yang sempat pada bagian colokan charger. Slot colokan sempit tersebut akan menyebabkan kabel charger rusak.

2. Sering Menggunakan Fitur Fast Charging

cara agar baterai HP awet dan terjaga 700x480 1

Fast charging kini telah menajdi fitur unggulan di banyak smartphone, mulai dari 40 watt, 100 watt, sampai 120 watt. Semakin besar arus daya yang dialirkan saat ngecas, maka semakin cepat pula baterai smartphone terisi penuh.

Hal tersebut tentunya membuat pengguna smartphone yang aktif senang. Namun, sebaiknya fitur fast charging ini tak digunakan setiap hari. Apa alasannya? Fast charging bisa membantu suhu perangkat lebih panas. Untuk gambaran, semakin besar daya yang dihantarkan ke sel baterai, maka semakin banyak pula panas yang dihasilkan.

Oleh karena itu, fitur fast charging dapat menghasilkan panas yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengisian daya standar. Pengguna ponsel diimbau untuk tak melulu memanfaatkan fitur fast charging, jika tak dalam keadaan mendesak.

Pengguna disarankan untuk menggunakan pengisian charger standar untuk keperluan sehari-hari. Hal ini dilakukan agar masa pakai baterai smartphone panjang dan awet.

3. Cas HP Saat Daya di Bawah 5 Persen

Kebiasaan terakhir yang harus dihindari adalah membiarkan persentasi baterai di bawah lima persen. Hal ini merupakan kebiasaan paling buruk daripada dua kesalahan sebelumnya yang telah dijelaskan di atas. Pasalnya, jika membiarkan low battery atau baterai lemah mulai dari 10 persen-15 persen saja, telah memberikan tekanan yang berat di ponsel.

Jika kebiasaan ini dilakukan terus-menerus, maka performa baterai akan mengalami penurunan drastic. Cara agar baterai HP awet, ada baiknya pengguna segera mengecas HP di saat persentase baterai di angka 15 persen-20 persen. Diusahakan untuk tidak mengecas HP di bawah persentase 15 persen.

Kesimpulannya adalah dengan menghindari kebiasann cas HP seperti di atas menjadi salah satu cara agar baterai HP awet atau battery health terjaga. Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti cara agar baterai HP awet yang dipaparkan di atas.

Itulah penjelasan mengenai cara agar baterai HP awet dengan menghindari kebiasaan cas HP yang buruk. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, ya.

Advertisement