Penulis : Aditya Pratama
|
Editor : Aditya Pratama

BOGOR, MAPBUSSIDTERBARU.COMCara mengatasi rambut rontok memang tidak mudah. Apalagi jika kamu tidak mengetahui secara pasti penyebab rambut rontok yang kamu alami. Pasti kamu akan kesulitan sendiri untuk merawat rambut rontok.

Rambut rontok sebenarnya adalah hal yang lumrah, terutama pada perempuan. Banyak orang merasa khawatir dengan rontok yang mereka alami. Rambut rontok seringkali terjadi pada saat keramas atau menyisir rambut.

Sering terjadi kekeliruan di tengah masyarakat tentang solusi mengatasi rambut rontok. Beberapa mengurangi frekuensi keramas karena takut rambut rontok terlalu sering. Padahal solusi untuk mengatasi rambut rontok bukan seperti itu.

Penyebab Rambut Rontok

penyebab rambut rontok

Rambut rontok adalah hal lumrah yang bisa dialami oleh semua orang. Hal ini karena rambut memiliki siklus hidup. Siklus hidup ini mencakup stabilisasi, pertumbuhan, dan fase rontok. Umumnya orang-orang mengalami rambut rontok sekitar 100 lembar per hari.

Namun kamu perlu berhati-hati dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika kondisinya lebih serius. Misalnya kerontokan terjadi tiba-tiba dalam jumlah yang banyak. Apalagi sampai membuat rambut menjadi tipis.

Kerontokan rambut yang biasa kadang terjadi hanya sementara. Selain itu, dapat dipulihkan dengan perawatan rambut dan perubahan gaya hidup atau pola makan. Namun kerontokan lain bisa terjadi lebih permanen. Bahkan cenderung tidak berhenti karena kondisi dasarnya masih belum diperbaiki.

Follow Berita Mapbussidterbaru di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Mapbussidterbaru.com via Whatsapp

Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan rambut rontok:

Kondisi medis

Rambut rontok bisa disebabkan oleh kondisi medis. Misalnya seperti mengalami alopecia androgenik, infeksi kulit kepala atau trikotilomania. Hal ini hanya bisa di diagnosis dengan cara memeriksakan diri ke dokter.

Kurang nutrisi

Rambut yang rontok juga bisa disebabkan karena kamu kekurangan asupan nutrisi. Misalnya kekurangan nutrisi zat besi, tembaga, zinc dan protein, dan lain sebagainya.  Rambut juga bisa mengalami kerontokan akibat kekurangan vitamin D.

Ketidakseimbangan hormon

cara mengatasi rambut rontok mudah

Pada usia 30 tahun ke atas, wanita bisa mengalami ketidakseimbangan hormon. Hal ini yang menyebabkan wanita rentan mengalami kerontokan rambut.

Sindrom polikistik ovarium

Kondisi ini merupakan bentuk dari ketidakseimbangan hormon wanita di usia subur. Rambut menjadi rontok karena tubuh menghasilkan hormon androgen secara berlebihan.

Masalah tiroid

Jika kelenjar tiroid menghasilkan hormon androgen berlebih, maka siklus pertumbuhan rambut pun bisa berubah. Akibatnya rambut akan mengalami penipisan dan rontok.

Stres

Kondisi stres berat bisa mengakibatkan rambut rontok secara berkepanjangan. Maka dari itu penting untuk mengelola stres dengan baik agar tidak mempengaruhi kondisi fisik mu.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Berikut ini beberapa cara mengatasi rambut rontok yang bisa kamu lakukan. Lakukan secara konsisten agar rambut rontok dapat berkurang:

Tetap jaga kebersihan rambut

Meskipun saat keramas rambut akan mengalami kerontokan yang banyak, kamu tetap harus rutin keramas. Selalu rutin membersihkan rambut dengan sampo khusus rambut rontok. Disarankan untuk membersihkan rambut 2 – 3 kali dalam seminggu.

Kurangi melakukan kegiatan yang merusakan rambut

Salah satu alasan mengapa kamu harus rutin membersihkan rambut karena polusi udara dapat menyebabkan rambut rontok. Selain polusi, beberapa hal lainnya yang dapat membuat rambut rontok adalah:

  • Sering menggunakan catokan dengan suhu tinggi
  • Sering berenang di air yang mengandung kaporit
  • Kebiasaan mengikat rambut yang terlalu kencang
  • Kebiasaan menyisir rambut yang terlalu keras
  • Sering mewarnai rambut

Beri vitamin yang memperkuat rambut

Salah satu penyebab rambut rontok adalah kekurangan asupan nutrisi. Maka dari itu penting untuk memberi vitamin pada rambut agar rambut bernutrisi cukup. Menurut penelitian, vitamin A, B, C, D, selenium, zinc, dan zat besi penting untuk proses pertumbuhan rambut.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok yang bisa kamu lakukan. Solusi terbaik untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan menutrisinya agar sehat dan kuat. Serta menghindari kebiasaan buruk yang bisa membuat rambut rontok.

Jika kamu merawat rambut dengan baik, maka rambut tidak akan rontok secara berlebihan. Karena pada dasarnya rambut rontok adalah hal yang lumrah. Selama tidak tiba-tiba, tidak berlebihan dan tidak menimbulkan penipisan.

Jika kamu mengalami kondisi rambut rontok yang tidak biasa, bahkan sampai mengalami penipisan. Segera konsultasikan dengan dokter.

Advertisement